MEMPERINGATI HARI SUNGAI NASIONAL DENGAN CARA MELAKUKAN PEMBERSIHAN SUNGAI

24 Juli 2022
Dibaca 76 Kali
MEMPERINGATI HARI SUNGAI NASIONAL DENGAN CARA MELAKUKAN PEMBERSIHAN SUNGAI

DALAM RANGKA PERINGATAN HARI SUNGAI NASIONAL SETIAP TANGGAL 27 JULI PADA SUNGAI KENTOLAN KIDUL

 

Hari Sungai Nasional pada 27 Juli ditetapkan oleh pemerintah sejak tahun 2011. Kegiatan ini dilaksanakan serentak satu Kelurahan Guwosari. Sungai adalah aliran air permukaan yang berbentuk memanjang dan mengalir secara terus menerus dari hulu ke hilir. Tujuan memperingati hari sungai Nasional agar masyrakat lebih peduli dalam menjaga baik kebersihan dan kelestarian sungai di pedukuhan Kentolan Kidol.

Kegiatan berlangsung pada hari Minggu tanggal 24 Agustus 2022 bertempat di sungai yang berada RT 03 Kentolan Kidol yang dilaksanakan oleh Mahasiswa KKN-T Kelompok 03 Universitas Alma Ata. Kegiatan dimulai dari pembersihan  tepi sungai Kentolan Kidol kemudian dilanjutkan membersihkan sampah dan ranting yang berada di tengah dan pinggir sungai sampah yang di dapatkan dimasukkan ke dalam karung setiap pedukuhan di beri tiga karung. Karung yang sudah berisi sampah diambil oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) menggunakan Tosa.

Kegiatan ini diharapkan dapat agar masyarakat termotivasi untuk peduli terhadap kebersihan sungai serta meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap kelestarian sungai.

(Rika Nur Fitria - S1 Pendidikan Matematika dan Ayu Eka Setiawati - S1 Farmasi)