Simulasi Apoteker Cilik dan Penyuluhan Cuci Tangan pada Anak-Anak Bimble Dusun Kedung

29 Juli 2022
Dibaca 128 Kali

Simulasi Apoteker cilik yang dilakukan memiliki tujuan yaitu memberikan edukasi kepada anak-anak mengenai profesi Apoteker dan pengenalan bentuk dan jenis obat-obatan. Memberikan edukasi mengenai cara penggunaan obat yang benar dan mengedukasi bagaimana cara membeli atau mendapatkan obat. Cara pembelajaran dilakukan dengan memberi contoh gambar dan penjelasan mengenai bentuk dan jenis obat-obatan , tujuan memberi contoh gambar pada anak-anak yaitu agar mudah dipahami dan dimengerti pada saat penjelasan mengenai macam-macam bentuk sediaan obat-obatan.

Penyuluhan cuci tangan dilakukan dengan tujuan mengajarkan kepada anak-anak mengenai cara cuci tangan yang benar untuk menghindari adanya kuman dan menjaga kebersihan tangan. Menghindari terjadinya penularan bibit penyakit kepada orang lain melalui tangan.Penyuluhan pencucian tangan dilakukan dengan cara menjelaskan pentingnya menjaga kebersihan tangan dengan mencontohkan langkah-langkah gerakan mencuci tangan yang benar menggunakan sabun, ataupun membersihkan tangan menggunakan handsantitizer. Menjelaskan waktu yang tepat untuk membersihkan ataupun mencuci tangan.

Kegiatan simulasi Apoteker cilik dan penyuluhan cuci tangan merupakan program kerja KKN-T Kedung Guwosari Universitas Alma Ata yang di selenggarakan oleh Prodi Farmasi dan Keperawatan dengan dibantu oleh teman-teman KKN-T kelompok12 Kedung Guwosari Pajangan Bantul.

(Bendahara KKN-T 12 Kedung Guwosari Pajangan Bantul)