KKN-T kedung Guwosari Berkontribusi Membersihkan Sungai dalam Memperingati Hari Sungai Nasional

30 Juli 2022
KKN UAA
Dibaca 21 Kali

Hari Sungai Nasional merupakan salah satu hari libur nasional yang diperingati pada tanggal 27 Juli sejak tahun 2011. Hari Sungai Nasional tertuang didalam peraturan pemerintahan nomor 38 Tahun 2011 Pasal 74. Hari Sungai Nasional diperingati untuk mengingatkan bahwa banyaknya sungai-sungai yang tercemar di berbagai penjuru Indonesia. Hari Sungai Nasional juga diperingati untuk mengingatkan kepada masyarakat bahwa pentingnya menjaga sungai yang ada disekitar kita, hal ini guna mencegah pencemaran sungai dan juga mencegah rusaknya ekosistem yang ada di sungai bahkan laut sekalipun.

Di Kelurahan Guwosari, kegiatan bersih-bersih sungai dilaksanakan pada 24 Juli 2022. Kegiatan ini dilaksnakan oleh pemuda desa dan juga para mahasiswa KKNT dari Universitas Alma Ata Yogyakarta. Di Kelurahan Guwosari sendiri mahaswa KKNT terdiri dari 15 kelompok yang terbagi dalam 15 dusun. Setiap kelompok KKNT wajib mendapatkan bagian untuk membersihkan sungai di dusun yang ditempati masing-masing. Adapun untuk dusun yang tidak memiliki sungai maka diharuskan ikut gabung ke dusun terdekat. Kegiatan ini diharuskan untuk para mahasiswa KKNT yang diperintahkan langsung oleh lurah kelurahan Guwosari.

Salah satu kelompok tepatnya kelompok 12 yang berada di Dusun Kedung kali ini ikut dalam gotong royong bersih-bersih sungai di Dusun Iroyudan. Mengingat untuk Dusun Kedung sendiri tidak memiliki sungai. Menurut warga Iroyudan, sungai yang ada di Dusun Iroyudan ini lumayan dalam dan beresiko karena memiliki tekstur tanah berlumpur sehingga sulit memasuki aliran sungai. Untuk itu kami mahasiswa KKNT kelompok 12 beserta mahasiwa KKNT kelompok 5 Dusun Iroyudan memutuskan dalam pembersihan sungai ini hanya membersihkan sampah-sampah yang ada ditepian sungai. Walaupun hanya membersihkan tepian sungai saja, tetapi antusias mahasiwa KKNT dalam upaya membersihkan sungai dan juga memperingati hari sungai nasional ini patut di apresiasi. Mengingat sebagai mahasiwa kami yakin bahwa dengan dilakukannya pembersihan sampah di sungai termasuk salah satu cara untuk mengcegah datangnya penyakit dan menjadikan lingkungan sekitar sungai menjadi lebih sejuk dan juga enak dipandang mata.

KKN-T Universitas Alma Ata