Wujud Nyata KKNT Kelompok 12 Dalam 3 Program Kerja Di Dusun Kedung Guwosari Pajangan Bantul

30 Juli 2022
Dibaca 86 Kali

Mahasiswa KKNT Kelompok 12 Universitas Alma Ata Mengadakan Sosialisasi Pentingnya Asuransi Kesehatan. 

Pemerintah telah melakukan segala upaya untuk melindungi kesehatan warga. Salah satunya adalah memberikan BPJS dan orang lain tanpa akses ke jaminan kesehatan dan keselamatan (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial). Diharapkan, seluruh Dusun Kedung bisa mendapatkan hak jaminan kesehatan dan belajar lebih banyak tentang BPJS Kesehatan berkat sosialisasi yang diselenggarakan oleh siswa KKNT kelompok 12.

Sosialisasi dilakukan pada kegiatan arisan ibu-ibu PKK di Dusun Kedung. Kelompok 12 mengadakan sosialisasi tentang BPJS Kesehatan melalui pertemuan arisan rutin dengan ibu-ibu PKK dan mahasiswa KKNT kelompok 12. Kegiatan ini dilakukan pada hari Minggu, 24 Juli 2022 mulai pukul 14.00 hingga 16.00. Setelah arisan berakhir, kemudian acara sosialisasi pun dimulai. Salah satu mahasiswa Administrasi Rumah Sakit Tim KKNT Universitas Alma Ata memberikan presentasi yang mencakup topik-topik seperti asuransi kesehatan, cara mengatasi berbagai kesulitan BPJS, dan keikutsertaan dalam BPJS Kesehatan.

Masyarakat Dusun Kedung sempat mengalami beberapa kendala terkait kartu BPJS yang diblokir saat sesi tanya jawab karena telat membayar iuran saat jatuh tempo. Sosialisasi ini dimaksudkan untuk memperluas wawasan masyarakat Dusun Kedung, khususnya RT 01-04 terkait dengan BPJS Kesehatan.

KKNT Universitas Alma Ata Yogyakarta Kelompok 12 Guwosari Membantu Menyukseskan Pengadaan Plangisasi di Dusun Kedung

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) Kelompok 12 Universitas Alma Ata Yogyakarta membantu menyukseskan program pembuatan plangisasi di Dusun Kedung Guwosari Pajangan Bantul, di era digital sekarang ini plangisasi digital dan manual sudah tidak asing lagi. Pembuatan plangisasi digital dan manual dengan mahasiswa KKNT kelompok 12 melalui google maps. Kegiatan ini bertujuan untuk mempermudah semua masyarakat yang ingin berkunjung ke dukuh kedung.

Program plangisasi Dusun Kedung ini tergagas atas dasar hasil musyawarah para tokoh masyarakat, pemuda karang taruna dan mahasiswa KKNT kelompok 12. Dengan tujuan memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar maupun masyarakat umum yang berkunjung ke Dusun Kedung.

Petunjuk arah jalan menuju dukuh Kedung sangat minim oleh karena itu plangisasi sangat penting bagi pengguna jalan yang tidak tahu arah jalan, khususnya bagi pendatang baru. Pembuatannya dilakukan selama 2 minggu serta pemasangannya berlangsung selama 2 hari yaitu pada tanggal 16 dan 19 Juli 2022. Plangisasi tersebut tertuju pada 4 Rt di Dukuh Kedung. Pemasangan diikuti oleh Pak Rt 02, Pemuda karang taruna dan mahasiswa KKNT.

Pak Zuhri selaku Rt 02 Dusun Kedung Guwosari Pajangan Bantul menyatakan bahwa plangisasi ini sebenarnya sudah direncanakan sejak lama akan tetapi belum bisa terlaksana. "Adanya mahasiswa KKN di Dusun Kedung kami sangat senang dan saya berharap mahasiswa KKN bisa berkontribusi dalam wujud apapun itu untuk merealisasikan plangisasi".

Tiang plang menggunakan bahan besi hollow, papannya sendiri dari bahan plat besi yang dipotong sesuai ukuran yang telah ditetapkan. Tulisan pada papan menggunakan bahan stiker yang pengaplikasian langsung ditempel ke papan. Plang yang telah ditanam di semua wilayah Dusun Kedung berupa papan tata tertib dusun yang berumlah 12 tiang dan berbagai papan petunjuk arah. Dana dalam perwujudan plangisasi ini berasal dari Dukuh Kedung.

Lomba Menggambar Pada Anak-Anak Dusun Kedung Dalam Program Kerja Bimbingan Belajar (BIMBEL)

Belajar adalah kewajiban utama yang harus dilakukan oleh seluruh pelajar di seluruh penjuru dunia. Namun, tidak sedikit anak yang menganggap belajar sebagai hal yang membosankan dan tidak penting, sehingga sering terjadi pola belajar musiman di mana para pelajar hanya belajar untuk mengerjakan tugas atau ketika akan ada ulangan pada esok harinya. Untuk mengatasi hal tersebut Mahasiswa Kuliah Tematik Kerja Nyata (KKNT) Universitas Alma Ata (UAA) mengadakan lomba mewarnai dan menggambar pada Jumat, 22 Juli 2022, mulai pukul 13.00 hingga 15.00 di Dusun Kedung, Desa Guwosari, Pajangan, Kabupaten Bantul, sebagai bagian dari upaya berkelanjutan bimbingan belajar agar anak-anak tidak bosan.

Karena tujuan utama dari panitia penyelenggara adalah untuk menyalurkan kreativitas dan menghentikan anak-anak dari kebosanan belajar, daripada untuk mencari pemenang kompetisi, semua peserta yang mengikuti kegiatan ini menerima hadiah dari panitia. Terlihat, antusias dan semangat belajar dari anak-anak dalam lomba menggambar, sehingga kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar. Diharapkan dengan adanya lomba ini dapat meningkatkan kreativitas anak dalam hal seni.

KKNT-T Universitas Alma Ata