Melalui Hari Raya Idul Adha Kita Jaga Keutuhan dan Kebesaran Islam

09 Juli 2022
Dibaca 51 Kali
Melalui Hari Raya Idul Adha Kita Jaga Keutuhan dan Kebesaran Islam

Sejumlah umat Islam Dusun Bungsing Guwosari melaksanakan shalat Id berjemaah dalam rangka Hari Raya Idul Adha 1443, Sabtu (9/7/2022). Tepat pukul 07.00 sampai dengan 08.00 WIB sholat dimulai dengan Imam Sholat Kyai Abdurrahman Hakim dan khotib Bapak Muhtarom.

Berdasarkan pantauan team dari Kelompok KKNT Universitas Alma Ata Yogyakarta kegiatan ini dihari oleh ratusan umat Islam dari orang tua hingga anak-anak.

Hari Raya Idul Adha atau Hari Raya Kurban merupakan hari di mana sebagian besar umat muslim melaksanakan ibadah qurban, yaitu dengan menyembelih hewan qurban dengan tujuan mendekatkan diri kepada Allah bukan karena semata-mata nilai binatang qurbannya. Inti dari ibadah qurban adalah keikhlasan dan ketaqwaan bukan hanya daging dan darahnya. "Segala titik darah yang keluar nilainya adalah ibadah, dan jelas di dalam hadits rasulullah bahwasanya binatang yang diqurbankan tersebut akan menjadi tunggangan di hari kiamat nati,"

Setelah sholat Ied yang dilaksanakan di Masjid al Mukhlisin ini dilanjutkan dengan penyembelihan hewan qurban sapi dan kambing. Kemudian daging qurban tersebut dibagikan kepada seluruh warga yang dikelola oleh panitia qurban takmir masjid tersebut. Dalam pelaksanaan ini dibantu oleh warga yang terlihat kekompakan dan kerukunannya. Tak lupa pula kegiatan ini dibantu oleh mas mba mahasiswa KKNt kelompok 13 yang berjumlah 14 orang.

Khanifudin_(Humas KKN-T 13)