Bamuskal Hadiri Rapat Koordinasi Pelaksana Ketugasan Bamuskal se-Kapanewon Pajangan

07 Juni 2024
BAMUSKAL GUwosari
Dibaca 68 Kali
Bamuskal Hadiri Rapat Koordinasi Pelaksana Ketugasan Bamuskal se-Kapanewon Pajangan

Jum'at, 7 Juni 2024 telah diselenggarakan rapat koordinasi pelaksana ketugasan Bamuskal se-Kapanewon Pajangan. Rapat dilaksanakan di Pendapa Kapanewon Pajangan, mulai pukul 12.30 WIB s/d selesai. Acara tersebut dihadiri oleh Bapak Panewu Pajangan, Ka. Bag Hukum Setda Kab. Bantul, Bamuskal Sendangsari, Bamuskal Guwosari dan Bamuskal Triwidadi.

Acara dimulai dengan pembukaan oleh Ibu Ari Mujahadah, SIP dengan ucapan terima kasih atas kehadiran Bapak/Ibu dalam agenda Rapat Koordinasi Pelaksana Ketugasan Bamuskal se-Kapanewon Pajangan. Pada kesempatan rapat koordinasi tersebut, dinarasumberi oleh Bapak Suparman, SIP, M.Hum (Bagian Hukum Setda Kab. Bantul).

Rapat koordinasi ini bertujuan untuk membahas sinergitas Bamuskal dan Pemerintahan Kalurahan dalam penyelenggaraan Pemerintahan Kalurahan. Adanya reformasi birokrasi bertujuan untuk menjalankan pemerintahan dengan nyaman dan memberikan kemajuan bagi kalurahan terkait, serta mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik. Poin-poin yang disampaikan antara lain kedudukan Bamuskal, fungsi Bamuskal, wewenang Bamuskal, hak-hak Bamuskal, pelaksanaan musyawarah kalurahan serta penyusunan Raperkal.

Selain itu, sekalian dibahas juga peran adanya Paguyuban Bamuskal. Manfaat dari Paguyuban Bamuskal adalah untuk menjalin komunikasi sesama anggota, ketugasan reformasi birokrasi untuk tata kelola pemerintahan, serta Bamuskal sebagai bagian dari warga masyarakat untuk meneruskan aspirasi dalam proses pembangunan kalurahan. 

Hasil dari rapat koordinasi tersebut, disepakati bahwa pengurus Paguyuban Bamuskal se-Kapanewon Pajangan terdiri dari:
- Ketua : Bapak Ruswanto dari Bamuskal Triwidadi
- Sekretaris : Bapak H. Muhaimin, S.Th. I, M.H dari Bamuskal Guwosari
- Bendahara : Ibu Anik dari Bamuskal Sendangsari
- Koordinator Wilayah Triwidadi : Bapak Suparjan
- Koordinator Wilayah Guwosari : Bapak Arif Ristri U
- Koordinator Wilayah Sendangsari : Bapak Bambang