Warga Desa Guwosari Studi Banding di Pasar Blumbang Wirokerten bersama PPK Ormawa IMM Fisipol UMY

21 Juli 2024
KKN PPK ORMAWA
Dibaca 25 Kali

Yogyakarta, 21/7/2024 – Tim Program Penguatan Kapasitas Organisasi Mahasiswa (PPK Ormawa) dari Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) bersama warga Desa Guwosari melakukan studi banding di Pasar Blumbang Wirokerten.

Pasar Blumbang Wirokerten merupakan destinasi wisata budaya dan kuliner yang berada di Yogyakarta. Warga Desa Guwosari memiliki kesempatan untuk belajar langsung dari para pengusaha dan pengelola pasar tentang cara melakukan pemasaran, mengelola produk, dan mengembangkan cara baru untuk menarik wisatawan. Kegiatan ini dihadiri oleh kurang lebih 30 warga Desa Guwosari dan 14 anggota Tim PPK Ormawa IMM Fisipol UMY.

Gambar WhatsApp 2024-09-01 pukul 01-30-42_f3c4ceed 

Taufan Hisbullah, Ketua Tim PPK Ormawa IMM Fisipol menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari upaya bersama untuk meningkatkan potensi pariwisata dan UMKM di Desa Guwosari. Harapannya studi banding ini mempererat kelembagaan pengelola wisata dan UMKM serta menambah wawsan pengelola wisata dan UMKM.

Ahmad Arizul Samsen Limbong merupakan ketua pelaksana kegiatan study banding ini mengatakan bahwa pemilihan studi banding ke Kalurahan Wirokerten dikarenakan Kalurahan tersebut merupakan salah satu contoh yang menerpakan konsep integrasi potensi wisata desa dan UMKM dengan memanfaatkan kebudayaan lokal sebagai strategi untuk menambah daya tarik wisatawan, sehingga dalam hal ini sangat cocok dengan tujuan dari tim PPK Ormawa dan kalurahan untuk dapat mengelola potensi potensi yang di miliki oleh kalurahan guwosari

Kegiatan berlangsung menyenangkan, mereka berdiskusi dan berbagi pengalaman tentang tantangan dan peluang mengembangkan desa pariwisata berbasis budaya dan UMKM lokal. Dengan adanya studi banding ini diharapkan Desa Guwosari dapat semakin berkembang sebagai destinasi wisata edukasi berbasis budaya dan UMKM yang tidak hanya menarik wisatawan dan juga meningkatkan perekonomian warga sekitar. Kunci keberhasilannya adalah partisipasi aktif dari seluruh element masyarakat dan dukungan penuh dari pemerintah.