Musyawarah Perencanaan Pembangunan Kalurahan (Musrenbangkal) Guwosari Tahun Anggaran 2025

17 September 2024
BAMUSKAL GUwosari
Dibaca 13 Kali
Musyawarah Perencanaan Pembangunan Kalurahan (Musrenbangkal) Guwosari Tahun Anggaran 2025

Pada hari Selasa, 17 September 2024 telah diselenggarakan Musyawarah Rencana Pembangunan Kalurahan (Musrenbangkal) Guwosari Tahun 2025. Kegiatan ini dilaksanakan di ruang aula kalurahan Guwosari yang dihadiri oleh 87 peserta, terdiri dari beberapa tokoh dan perwakilan masyarakat. Musyawarah ini dilaksanakan dengan tujuan untuk merumuskan rencana pembangunan Kalurahan Guwosari di tahun yang akan datang.

Acara dibuka oleh Bapak Nur Hidayad, SE selaku Carik Guwosari yang menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran seluruh tamu undangan. Serta diawali dengan pembacaan Basmallah dan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Selanjutnya adalah sambutan oleh Bapak Masduki Rahmad, SIP yang menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan siklus anggaran tahun 2025 dalam rangka mewujudkan visi misi kalurahan Guwosari untuk mewujudkan masyarakat Guwosari yang sejahtera.

Salah satu fokus utama dalam kegiatan Musrenbangkal ini adalah menjaring aspirasi masyarakat yang belum terealisasi. Selain itu, peserta juga melakukan pencermatan terhadap target RKPKal yang telah disusun 6 tahun yang lalu. Dilanjutkan sambutan dari Panewu Pajangan Bapak Anjar Arintaka Putra, S.Sos., MM. Dalam sambutannya tersebut, beliau menyampaikan pentingnya dilakukan koreksi dan evaluasi terhadap kegiatan yang telah berjalan. Bahkan adanya masukan dari seluruh masyarakat sangat diharapkan, guna mewujudkan masyarakat yang sejahtera sesuai dengan visi misi Kalurahan Guwosari.

Pada kesempatan selanjutnya, Bapak Sri Kawuryan Wratsongko, ST selaku tenaga ahli dari Kabupaten Bantul menyampaikan sambutannya. Beliau menekankan pentingnya program pengentasan kemiskinan melalui program BLT, BLTDD dan penurunan stunting pada tahun 2025.

Acara dilanjutkan dengan sesi diskusi, peserta terbagi menjadi 4 kelompok dengan tugas masing-masing pembahasan. Beberapa usulan program di bidang Penyelenggaraan Pemerintahan, Pelaksanaan Pembangunan, Pembinaan Kemasyarakatan dan Pemberdayaan Masyarakat. Selanjutnya hasil diskusi disampaikan dalam bentuk presentasi oleh masing-masing perwakilan dari kelompok (dipaparkan sesuai dengan peringkat prioritas). Selanjutnya dilakukan penandatanganan Berita Acara Musrenbangkal oleh Ketua tim penyusun RKP, Lurah dan perwakilan peserta yang hadir di Musrenbangkal.

Acara terakhir adalah penutup oleh Bapak Nur Hidayad, SE yang menyampaikan harapannya  dari hasil Musrenbangkal ini dapat menjadi acuan dalam penyusunan Anggaran Pendapatan & Belanja Kalurahan (APBKal) tahun 2025. (Venni)