Pemaparan Program Kerja KKN UNY Dusun Karangber dan Diskusi Bersama Tokoh Masyarakat

20 Agustus 2024
KKN UNY
Dibaca 53 Kali
Pemaparan Program Kerja KKN UNY Dusun Karangber dan Diskusi Bersama Tokoh Masyarakat

Seperti pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) pada umumnya, KKNR-10069 UNY 2024 yang ditugaskan untuk melaksanakan KKN di Padukuhan Karangber, Kelurahan Guwosari, Kabupaten Bantul mulai tanggal 22 Juli 2024 telah melaksanakan pemaparan program kerja yang dihadiri perwakilan masyarakat dari Padukuhan Karangber di posko KKN. Pelaksanaan pemaparan program kerja KKN Dukuh Karangber dilaksankan pada 24 Juli 2024 dan dihadiri sekitar 20 warga masyarakat Padukuhan Karangber.

Pemaparan program kerja KKN UNY Dukuh Karangber dimulai dengan perkenalan diri dari seluruh anggota kelompok KKNR-10069 yang berjumlah 10 orang mahasiswa dan kemudian disambung dengan perkenalan dari seluruh hadirin yang datang pada saat itu. Sambutan juga tak lupa diberikan oleh Kepala Dukuh Karangber Bapak Whewen Lail Saputra sebagai pertanda dari dimulainya kegiatan pemaparan program kerja KKN UNY di Padukuhan Karangber. Pemaparan program kerja dimulai dengan program kerja kelompok yang sudah direncanakan mulai dari program utama kelompok yaitu pemberdayaan UMKM yang ada di Padukuhan Karangber melalui profiling usaha, pendataan masalah, pemecahan masalah yang ada, dan pemberian solusi terhadap masalah yang dialami UMKM Padukuhan Karangber. Kemudian luaran dari program kerja ini berupa booklet yang berisi profil seluruh UMKM yang ada di Padukuhan Karangber. Program kerja tersebut dilaksanakan atas dasar permasalah yang ada di Padukuhan Karangber yang mana memiliki banyak sekali UMKM tetapi masih belum mempunyai profiling usaha yang baik seperti logo usaha, titik google maps, dan hal mendasar lainnya yang perlu dilengkapi untuk memperlancar jalannya kegiatan usaha.

Kegiatan pemaparan program kerja dilanjut dengan program kerja penunjang kelompok seperti pembuatan video profil Padukuhan Karangber, Pembuatan peta Padukuhan Karangber, pembuatan nomer rumah, pembuatan papan informasi Padukuhan, dan lain sebagainya yang mayoritas merupakan hal yang dibutuhkan oleh Padukuhan Karangber menurut informasi dari Bapak Dukuh. Selanjutnya pastinya juga dilanjutkan dengan pemaparan program kerja individu dari masing-masing anggota KKNR-10069 UNY yang beragam karena berasal dari 7 program studi yang berbeda, mulai dari Akuntansi, Manajemen, Administrasi Publik, Biologi, Teknik Elektro, Sastra Inggris, dan Fisika. 

Sambutan positif datang dari Bapak Dukuh Karangber dan para hadirin yang datang pada malam itu yang tentunya juga dibarengi dengan berbagai macam saran yang diberikan untuk seluruh program kerja yang ada. Diskusi pun berlangsung lancar dengan para hadirin yang datang terkait rencana pelaksanaan program kerja KKN Padukuhan Karangber selama bulan Juli hingga September 2024. Kegiatan pemaparan program kerja KKN UNY Padukuhan Karangber berakhir sekitar pukul 22.00 WIB setelah sesi diskusi selesai.