BIMBINGAN BELAJAR MATEMATIKA UNTUK ANAK SD DI PEDUKUHAN KENTOLAN KIDUL

21 Juli 2022
Dibaca 51 Kali
BIMBINGAN BELAJAR MATEMATIKA UNTUK ANAK SD DI PEDUKUHAN KENTOLAN KIDUL

Dilaksanakan pendampingan belajar matematika bertujuan untuk membantu orangtua yang sibuk dan hanya  memiliki sedikit waktu untuk menemani atau memberikan bimbingan kepada anak saat belajar. Dengan mengikuti pembelajaran ini, siswa secara psikologis merasa nyaman karena seolah merasa memiliki kakak/partner belajar dan ketika disekolah tidak percaya diri untuk langsung bertanya kepada guru bisa langsung bertanya tanpa sungkan kepada kami.

Beberapa alasan yang membuat siswa tidak suka hitung-hitungan adalah karena pelajaran Matematika dianggap terlalu sulit, rumit, menguras pikiran, dan juga membosankan. Hal tersebut di atas dapat dipahami terlebih jika pada saat pembelajaran Matematika materi disampaikan dengan cara yang super serius.

 

Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari, yaitu pada hari Kamis, 21 Juli 2022 dan Jumat, 22 Juli 2022 pada pukul 13.00 WIB. Bertempat di Rumah Joglo depan rumah bapak dukuh. Sasaran kegiatan pendampingan belajar matematika ini yaitu semua siswa SD di Dusun kentolan kidul. Jenis kesulitan yang dialami siswa dalam belajar matematika adalah:

  • Kesulitan membedakan angka, simbol-simbol, dan bangun ruang
  • Tidak bisa mengingat dalil-dalil matematika
  • Menulis angka dalam ukuran kecil
  • Tidak memahami simbol-simbol matematika
  • Lemahnya kemampuan berpikir abstrak
  • lemahnya kemampuan anak untuk menghitung

Evaluasi dilaksanakan selama pembelajaran ini berlangsung, Siswa secara psikologis merasa nyaman karena seolah merasa memiliki kakak/partner belajar dan ketika disekolah tidak percaya diri untuk langsung bertanya kepada guru bisa langsung bertanya tanpa sungkan kepada kami. Bahkan antusias dari siswa sangat luar biasa mereka pun juga dengan mudah menangkap materi yang kami ajarkan.

 

(Rika Nur Fitria-S1 Pendidikan Matematika dan Ayu Eka Setiawati-S1 Farmasi)