Editing Booklet UMKM, Peta, dan Nomor Rumah di Padukuhan Karangber

12 September 2024
KKN UNY
Dibaca 18 Kali
Editing Booklet UMKM, Peta, dan Nomor Rumah di Padukuhan Karangber

Pada minggu ke-7 pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Padukuhan Karangber, yang dimulai dari tanggal 2 September 2024 sampai tanggal 8 September 2024, kegiatan kami yaitu menyelesaikan program-program yang telah direncanakan sebelumnya seperti editing booklet UMKM yang ada di Padukuhan Karangber yang merupakan program utama KKN kami. 71 UMKM telah terdata dan telah dimasukkan ke booklet. Padukuhan Karangber memiliki berbagai macam UMKM dalam banyak bidang mulai dari kuliner, fashion, otomotif, kesehatan dan perawatan, kreatif dan kerajinan, persewaan, dan retail. UMKM yang berada di Padukuhan Karangber sendiri berjumlah sekitar 71 UMKM yang masih aktif beroperasi di Padukuhan Karangber. Dalam booklet ini dipaparkan deskripsi jasa atau produk yang ditawarkan,dokumentasi produk, logo, dan juga informasi terkait sosial media. Selain itu,kami juga memberi bantuan berupa pembuatan logo dan sosial media. Dengan adanya booklet ini juga tentunya akan membantu pemasaran usaha. Setelah melalui proses editing nantinya booklet ini akan dicetak dan diserahkan pada tokoh masyarakat di Padukuhan Karangber serta dipublikasikan ke web- web terkait.

Selain editing  booklet UMKM, kami mengerjakan editing peta Padukuhan Karangber. Peta ini sudah dibuat sebelumnya dari kelurahan, tetapi untuk simbol - simbol dan kode-kode lainnya belum ditambahkan sehingga kami menambahkan simbol-simbol dan juga kode lain yang dikemas lebih menarik dan mudah dipahami. Nantinya peta akan dicetak dan dipajang pada tempat yang dikehendaki dan terjamah banyak orang.  

Kami juga mengerjakan program editing nomor rumah. Editing nomor rumah ini dilakukan dengan membuat desain nomor rumah. Desain nomor rumah ini terdiri dari lambang Garuda Pancasila, logo Bantul, peraturan, nomor rumah, RT, Nama pemilik, Alamat Padukuhan Karangber, dan lain-lain. Setiap RTnya diberi warna outline yang berbeda-beda yang disesuaikan dengan yang ada di peta Padukuhan Karangber. Nantinya nomor rumah ini akan dicetak ditempelkan ke rumah-rumah warga sesuai urutannya.

Diharapkan dengan adanya program-program  tersebut dapat membantu warga Padukuhan Karangber. Program- program tersebut juga telah disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi tempat yang ada di Padukuhan Karangber sehingga nantinya dapat bermanfaat bagi warga Padukuhan Karangber dan tamu yang akan mengunjungi Padukuhan Karangber ini.