KEGIATAN PENYULUHAN SANITASI PADA MADRASAH IBTIDAIYAH DIPONEGORO KENTOLAN KIDUL

16 Juli 2022
Dibaca 51 Kali
KEGIATAN PENYULUHAN SANITASI PADA MADRASAH IBTIDAIYAH DIPONEGORO KENTOLAN KIDUL

Cuci tangan 6 langkah yang baik dan benar

Penyuluhan sanitasi di sekolah adalah bentuk upaya kegiatan untuk dapat  mengedukasi siswa sekolah dasar tentang pentingnya sanitasi khususnya Mencuci tangan yang baik dan benar  agar dapat mendorong siswa untuk  selalu menjaga perilaku bersih dan sehat disekolah. 

Mencuci tangan sebagai perwujudan dari perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). Mencuci tangan dapat bermanfaat untuk mencegah penularan penyakit yang disebabkan oleh kuman dan bakteri.  Mencuci tangan dilakukan menggunakan sabun dan air mengalir sehingga tangan menjadi lebih bersih. Kegiatan ini tentunya bisa menjadi langkah mudah yang dapat dilakukan siswa saat setelah beraktivitas sehari-hari.

Kegiatan  berlangsung  pada hari Sabtu, 16 juli  pukul 08.00 WIB di sekolah dasar MI Diponegoro yang ada di dusun kentolan kidul. Kegiatan penyuluhan  di berikan kepada siswa kelas 3 & 4 sekolah dasar. Kegiatan penyuluhan sanitasi ini disampaikan oleh  Armia Pratama dan Bertha mahasiswa  KKN-T kelompok 3 universitas Alma ata Yogyakarta dengan menyampaikan materi mengenai pentingnya mencuci tangan dilakukan dengan 6 langkah yang baik dan benar sambil memberikan tayangan video  mencuci tangan yang benar agar mudah untuk di ingat dan dihafalkan oleh siswa sekolah dasar.

 

Dengan harapan dilakukannya Kegiatan ini  agar para siswa dapat mempengaruhi lingkungan nya dan orang tua untuk berperilaku bersih dan sehat .