Bamuskal Guwosari Menerima Kunjungan Peningkatan Kapasitas Lembaga Desa Telukan, Grogol, Sukoharjo

31 Agustus 2024
BAMUSKAL GUwosari
Dibaca 26 Kali
Bamuskal Guwosari Menerima Kunjungan Peningkatan Kapasitas Lembaga Desa Telukan, Grogol, Sukoharjo

Pada hari Sabtu, 31 Agustus 2024 Pemerintah Desa Telukan, Grogol, Sukoharjo melakukan kunjungan studi banding ke Kalurahan Guwosari, Pajangan, Bantul. Tujuan dilaksanakannya kunjungan ini adalah untuk mempelajari secara lanjut terkait dengan penyelenggaraan pemerintah desa, pemberdayaan Lembaga kemasyarakatan, pengelolaan sampah serta pengembangan potensi wisata di wilayah kalurahan.

Pemerintah kalurahan Guwosari cukup antusias dalam melakukan penyambutan terhadap rombongan dari Desa Telukan. Agenda kunjungan diawali dengan pemaparan berbagai program dan inovasi yang telah sukses dilaksanakan di Kalurahan Guwosari. Beberapa program yang sudah berhasil adalah pengelolaan sampah berbasis masyarakat, pengembangan desa wisata, serta pemberdayaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Keberhasilan warga Guwosari dalam pengelolaan sampah menjadi daya tarik tersendiri untuk rombongan pemerintah Desa Telukan. Guwosari berhasil mengurangi volume sampah yang dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) dan mengubah sampah mejadi sumber pendapatan melalui program bank sampah. Dalam agenda kunjungan, Bapak Sriyanto, S.SOS selaku kepala Desa Telukan menyampaikan bahwa sangat terkesan dengan inovasi yang dilakukan oleh Kalurahan Guwosari dalam pengelolaan sampah. Beliau berharap Pemerintah Desa Telukan dapat menerapkan model yang sama untuk mengatasi permasalahan sampah.

Selain terkait dengan pengelolaan sampah, rombongan juga tertarik dengan cara pengembangan desa wisata di Guwosari. Hal tersebut dikarenakan berbagai potensi wisata local mampu dikembangkan dengan baik sebagai destinasi wisata yang menarik. Pada akhirnya hal tersebut mampu meningkatkan perekonomian masyarakat. Pada penutupan kunjungan, rombongan Desa Telukan melihat langsung berbagai produk UMKM unggulan dari Guwosari. Sehingga hal ini mampu memberikan gambaran yang jelas mengenai potensi ekonomi kreatif yang dapat dikembangkan di desa.

Terlaksananya kunjungan studi banding antar kalurahan ini, diharapkan mampu untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik di Desa Telukan. Adanya agenda berbagi pengetahuan dan pengalaman, diharapkan kedua kalurahan mampu berkembang dan maju menjadi lebih baik. (Venni)