Perjuangan dan Kebersamaan: Padukuhan Karangber dalam Rangkaian Memperingati HUT RI Ke-79

03 September 2024
KKN UNY
Dibaca 23 Kali
Perjuangan dan Kebersamaan: Padukuhan Karangber dalam Rangkaian Memperingati HUT RI Ke-79

Semarak peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-79 turut dirasakan dan dirayakan oleh seluruh elemen masyarakat Padukuhan Karangber. Anak-anak hingga orang tua dengan antusias menyambut datangnya hari kemerdekaan RI ke-79. Berbagai kegiatan diselenggarakan di seluruh penjuru Padukuhan Karangber. Baik kegiatan yang dilakukan secara terpusat, maupun kegiatan yang dilakukan oleh masing-masing RT yang terdapat di Padukuhan Karangber.

Rangkaian kegiatan utama dimulai sejak tanggal 16 Agustus 2024 yaitu malam tirakatan memperingati HUT RI ke-79. Malam tirakatan diadakan sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan atas kemerdekaan yang telah diraih oleh bangsa Indonesia. Kegiatan ini mengajak masyarakat untuk merenungkan perjuangan para pahlawan yang telah berkorban demi kemerdekaan. Selanjutnya, kegiatan berlanjut pada keesokan harinya, 17 Agustus 2024 dimana Padukuhan Karangber secara kompak melaksanakan upacara bendera memperingati HUT RI ke-79. Upacara bendera ini merupakan agenda rutin setiap tahun yang dilaksanakan oleh Padukuhan Karangber. Upacara ini diselenggarakan di halaman gedung serbaguna. Upacara ini diikuti oleh seluruh masyarakat Padukuhan Karangber, baik dari RT 01 sampai RT 04. Tidak berhenti sampai disitu, kegiatan berlanjut keesokan harinya 18 Agustus 2024. Jalan sehat dan gelar pentas seni diselenggarakan sebagai penutup dari rangkaian kegiatan Padukuhan Karangber dalam memperingati HUT RI ke-79.

Selain kegiatan yang dilakukan secara bersama oleh seluruh masyarakat Padukuhan Karangber, kegiatan memperingati HUT RI ke-79 juga dilakukan oleh masing-masing RT. Kegiatan yang dilakukan juga tidak kalah seru. Mulai dari pentas seni unjuk bakat, lomba-lomba, sampai bernyanyi bersama. Semua rangkaian kegiatan tadi tidak lain bertujuan untuk memperingati HUT RI ke-79 juga sebagai salah satu cara untuk memupuk kebersamaan antarwarga baik di tingkat RT maupun padukuhan.

Kegiatan seperti lomba, upacara, dan gotong royong dalam perayaan HUT RI mempererat tali silaturahmi dan membangun kebersamaan antarwarga. Ini memperkuat persatuan dan kekompakan di antara warga desa. Rangkaian kegiatan tersebut juga dapat menumbuhkan semangat nasionalisme dan patriotisme di kalangan masyarakat desa, terutama bagi generasi muda. Ini penting untuk memperkuat rasa cinta tanah air dan kesadaran akan pentingnya kemerdekaan.