PELATIHAN IBU-IBU PKK PADUKUHAN KENTOLAN KIDUL: SINERGI MAHASISWA APMD DALAM MEMBERDAYAKAN PEREMPUAN

07 September 2024
KKN APMD
Dibaca 21 Kali
PELATIHAN IBU-IBU PKK PADUKUHAN KENTOLAN KIDUL: SINERGI MAHASISWA APMD DALAM MEMBERDAYAKAN PEREMPUAN

Yogyakarta, 5 September 2024 – Dalam upaya untuk menggerakkan serta memberdayakan ibu-ibu PKK di Daerah Istimewa Yogyakarta terkhusus Kalurahan Guwosari Padukuhan Kentolan Kidul, KKN APMD bersinergi untuk mengadakan pelatihan tersebut. Kegiatan ini diikuti dengan antusias ibu-ibu PKK, dimana dalam pelatihan tersebut meliputi pelatihan pembuatan ecoprint, pembuatan taplak meja dari sedotan, dan pembuatan kripik pisang.

Tujuan dari pelatihan ini atas dasar keinginan mahasiswa KKN APMD untuk menggerakkan ibu-ibu PKK dan memberdayakan perempuan. Diharapkan dengan diadakanya pelatihan ini ibu-ibu PKK memiliki skill yang bisa dijadikan peluang usaha sehingga dapat meningkatkan ekonomi keluarga. 

Dalam pelaksanaanya, ibu-ibu terlihat antusias dalam mengikuti setiap kegiatan dimana ibu-ibu mencermati langkah-langkah yang diajarkan mahasiswa. Mulai dari pembuatan pola pada pelatihan ecoprint, penyusunan sedotan dalam pelatihan pembuatan taplak meja, hingga produksi kripik pisang.

Salah satu peserta pelatihan, Ibu Sarah, mengungkapkan rasa senang dan penasarnya dalam kegiatan ini. “Saya tertarik dalam kegiatan ini, karna ilmu nya dapat digunakan sampai nanti misalnya membuat motif dari daun-daun bisa untuk baju ibu-ibu PKK” tuturnya.

Pelatihan ini menjadi ruang untuk meningkatkan keterampilan ibu-ibu, dimana dalam kehidupan yang sesungguhnya perempuan harus bisa beradaptasi dan memanfaatkan potensi yang ada di sekitar. Perempuan harus  terberdaya dan mandiri. Sehingga dapat mematahkan perspektif bahwa perempuan tidak hanya sebatas dapur, sumur dan kasur namun dapat berkembang dan mandiri.

Dalam pelaksanaan pelatihan ini, terdapat benang merah antar mahasiswa dan masyarakat terkhusus ibu-ibu PKK dalam bersinergi bersama untuk menjadi perempuan yang terberdaya.