Sosialisasi PHBS dan Cara Menggosok Gigi Yang Benar Untuk Mewujudkan Generasi Sehat Sejak Dini (UAA)

21 Juli 2022
Dibaca 86 Kali
Sosialisasi PHBS dan Cara Menggosok Gigi Yang Benar Untuk Mewujudkan Generasi Sehat Sejak Dini (UAA)

Salah satu kegiatan yang dapat dilakukan untuk meningkatkan derajat kesehatan di Indonesia dapat melalui penerapan PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat )  kepada anak-anak di sekolah. Selain itu, memberikan edukasi kepada anak bagaimana cara menggosok gigi yang benar merupakan hal yang perlu disosisalisasikan untuk mewujudkan kebiasaan hidup sehat sejak dini. Memulainya sejak usia dini merupakan hal yang tepat, karena pada masa ini anak-anak dengan mudah menerima dan menerapkan hal baru yang diberikan. Apa yang diterima anak pada usia tersebut, mulai dari pemberian makanan, minuman, ataupun stimulasi dari lingkungan akan memberikan kontribusi yang sangat besar terhadap pertumbuhan serta perkembangan anak dan berpengaruh terhadap pertumbuhan serta perkembangan anak pada usia selanjutnya. 

PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) SPS Kenanga merupakan PAUD yang terletak di Dusun Gandekan, Kelurahan Guwosari. Pada PAUD tersebut belum pernah dilakukan sosialisasi terkait PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) dan menjaga kesehatan gigi kepada anak dalam pembelajaran, sehingga kurangnya pengetahuan anak terhadap hal tersebut untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Berdasarkan kondisi tersebut,  mendorong KKN-T Kelompok 4 Universitas Alma Ata untuk melakukan sosialisasi kepada anak PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) SPS Kenanga terkait PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat ) dan cara menggosok gigi yang benar. Kegiatan tersebut dilakukan pada hari Selasa, 21 Juni 2022 bertempat di PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) SPS Kenanga, Dusun Gandekan, Kelurahan Guwosari. Sosialisasi yang dilakukan adalah dengan menggunakan metode bercerita dan bernyanyi bersama untuk memberikan pengalaman belajar yang menarik, menyenangkan, bermakna, dan mudah diingat sehingga dapat diterapkan oleh anak dalam kehidupan sehari-hari.

Berbagai kegiatan dalam acara tersebut antara lain yaitu penyampaian materi terkait enam (6) langkah mencuci tangan dan cara menggosok gigi yang benar. Dengan diiringi lagu yang menyenangkan akan menambah semangat serta menarik perhatian peserta didik dalam belajar.  Acara sosialisasi tersebut dapat diterima dengan respon positif baik dari pengajar, peserta didik PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) SPS Kenanga maupun wali murid. 

Diharapkan dengan acara sosialisasi yang dilaksanakan oleh Kelompok 4 KKN-T Universitas Alma Ata  kepada peserta didik PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) SPS Kenanga akan menambah pengetahuan terkait PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat ) dan cara menggosok gigi yang benar sehingga kedepannya peserta didik memiliki kebiasaan hidup sehat serta dapat menjaga kesehatan gigi dan dapat bertanggung jawab untuk berperilaku sehat ketika anak tersebut beranjak dewasa.

 

(Adinda Syifa Salsabila-Bendahara Kelompok 4)