Bamuskal Selenggarakan Kegiatan Program Review Kalurahan Guwosari Tahun 2024

20 Mei 2024
BAMUSKAL GUwosari
Dibaca 139 Kali
Bamuskal Selenggarakan Kegiatan Program Review Kalurahan Guwosari Tahun 2024

Telah dilaksanakan program review di Kalurahan Guwosari pada hari Senin, 20 Mei 2024 di Gedung Olah Raga Guwosari. Program review merupakan metode evaluasi dan penilaian atas efektifitas, efisiensi dan kesesuaian program yang diselenggarakan oleh pemerintahan dengan kebutuhan dan kepentingan dari masyarakat. Pemerintahan Kalurahan Guwosari pada kesempatan tahun 2024 bekerja sama dengan Kosso Nipon, Alterasi Indonesia dan Yayasan Nusantara Sejati dalam pelaksanaan program review.

Kegiatan program review dihadiri oleh BSKDN Kemendagri, Mrs Taki dan Mr Hagusa dari Kosso Nipon, Kepala Bappeda Kab. Bantul, Kepala Disdikpora Kab. Bantul, Kepala Dinsos Kab. Bantul, Dinas PMK Kab. Bantul, Panewu Pajangan, DANRAMIL Pajangan, Kapolsek Pajangan, Ketua Bamuskal Guwosari dan seluruh anggota, Lurah Guwosari Bapak Masduki Rahmad, SIP, Lurah Sendangsari dan Lurah Triwidadi, Ketua Paguyuban Bamuskal se-Kab Bantul, Jajaran staf dan pamong Kalurahan Guwosari, Alterasi Indonesia dan Yayasan Nusantara Sejati. Serta dihadiri oleh Pengampu program dari kedua program yang direview, yakni dari Program Penyelenggaraan Pelatihan Kepemudaan Tingkat Desa/Kalurahan dan Program Pelatihan dan Penguatan Penyandang Difabel (Penyandang Disabilitas). Pada kesempatan ini, sejumlah 30 orang warga penilai hadir untuk mensukseskan kegiatan.

Program review dimulai pada pukul 20.00 dengan pembukaan dan sambutan pengantar dari pembawa acara, yaitu Ibu Venni Yuliastuti, S.Psi. Dilanjutkan dengan menyanyikan lagu wajib Indonesia Raya oleh seluruh peserta dan tamu undangan. Setelah itu, disampaikan sambutan oleh Ketua Bamuskal Guwosari, Bapak H. Muhaimin, S.Th.I, M.H. Dalam sambutannya tersebut, beliau menyampaikan ucapan terima kasih dan selamat datang kepada seluruh hadirin dan tamu undangan yang hadir pada acara program review. Menurut beliau, kegiatan program review terselenggara atas kerjasama yang sangat baik antara Bamuskal Guwosari, Pemerintah Kalurahan Guwosari beserta jajarannya danjuga warga Guwosari. Selain itu atas dukungan dan pendampingan Koso Nippon dari Jepang, Yayasan Nusantara Sejati dan Alterasi Indonesia. Atas inisiasi Bamuskal dan didukung Pemkal Guwosari, telah ditetapkan PerKal No. 2 Tahun 2023 tentang program review, yang di dalamnya mengatur bahwa Program Review di Guwosari harus dilaksanakan setiap tahun, dan Bamuskal adalah sebagai penanggungjawabnya. Oleh karenanya, Bamuskal Guwosari, melalui panitia pelaksana program review, dengan dukungan Pemkal Guwosari, Koso Nippon, Yayasan Nusantara Sejati, Alterasi Indonesia dan pihak-pihak terkait, dapat menyelenggarakan program review.

Berdasarkan dari 7 program tahun 2023 yang diusulkan untuk dievaluasi, disepakati 2 program yang akan dievaluasi malam tersebut, yaitu: (1) Pelatihan dan Penguatan Penyandang Disabilitas; dan (2) Pelatihan Kewirausahaan Pemuda. Hasil yang diharapkan dengan terselenggaranya program review adalah:

  1. Masyarakat/warga penilai bisa memberikan penilaian atas 2 Program yang dievaluasi.
  2. Hasil penilaian warga dapat dijadikan masukan penting bagi Pemkal dalam menyusun rencana program kegiatan kalurahan tahun mendatang.

Acara dilanjutkan dengan pembacaan tata tertib dan tahapan kegiatan program review yang disampaikan oleh Bapak H. Arwan, A.Md selaku ketua panitia pelaksana program review. Selanjutnya adalah perkenalan moderator, evaluator dan TPK untuk acara program review kalurahan Guwosari. Pada acara tersebut, Bapak Bibianus Hengky Widhi, S.H, M.H sebagai moderator, serta Ibu RR. Nurul Saadah Andriani, S.H, M.H dan Bapak Dr. Yudan Hermawan, S.Pd, M.Pd sebagai evaluator. Sedangkan dari penyelenggaraan pelatihan kepemudaan tingkat desa/kalurahan sebagai pengampu program Bapak Muhammad Taufik (Jagabaya Kalurahan Guwosari) dan penerima manfaat program perwakilan dari Karang Taruna Ibu Yuli Nuryanti, S.Pd. Selanjutnya untuk program penguatan disabilitas yaitu Ibu Miftakhul Hasanah, S.Hum (Pangripta Kalurahan Guwosari) dan penerima manfaat program adalah Bapak Sigit.

Dilanjutkan pada acara inti yaitu pelaksanaan program review, dengan dimoderatori oleh Bapak Bibianus Hengky Widhi, S.H, M.H. Berdasarkan acara program review untuk kedua program, maka dapat dikasilkan beberapa kesimpulan. Kedua program tersebut sepakat untuk tetap dilanjutkan dengan beberapa evaluasi dan perbaikan untuk yang akan datang. Pada sesi akhir, masuk pada acara yang diisi oleh Bapak Masduki Rahmad SIP selaku lurah Guwosari. Beliau menyampaikan ucapan terima kasih untuk semua pihak yang telah terlibat dalam kesuksesan acara.  Lalu acara dilanjutkan dengan penutup dan sesi foto bersama. (Venni)