CEGAH STUNTING DALAM UPAYA MEMPERSIAPKAN GENERASI YANG SEHAT DAN KUAT

20 Juli 2022
Dibaca 68 Kali
CEGAH STUNTING  DALAM UPAYA MEMPERSIAPKAN GENERASI YANG SEHAT DAN KUAT

Dukuh Guwosari 17 Juli 2022, Mahasiswa kelompok 06 KKN-T Universitas Alma Ata Yogyakarta mengadakan Penyuluhan Stunting. Acara penyuluhan Stunting merupakan salah satu program kerja dari kelompok 06. Penyuluhan Stunting dihadiri oleh Dosen Pembimbing Lapangan Bapak Dr. Arif Sabta Aji, S.Gz, dr. Muhammad Azhari selaku pemateri, dan peserta penyuluhan ini adalah WUS (Wanita Usia Subur), ibu hamil, remaja putri, dan kader posyandu. Tema dalam penyuluhan ini adalah “Cegah Stunting Dalam Upaya Mempersiapkan Generasi Yang Sehat Dan Kuat”.

            Stunting adalah kondisi balita dengan panjang atau tinggi badan kurang dari umurnya. dr. Muhammad Azhari menjelaskan apa saja hal yang dapat menyebabkan balita stunting, diantaranya adalah gizi buruk, genetik, sanitasi yang buruk, dan pola asuh yang buruk. Stunting dapat memiliki dampak jangka pendek dan jangka panjang. Dampak jangka pendek stunting adalah perkembangan otak anak yang tidak optimal, pertumbuhan fisik yang tidak optimal, perkembangan organ motorik tidak optimal. Dampak jangka panjang stunting  adalah kemampuan kognitif yang menurun, pendek atau stunting, dan penyakit degeneratif. Serta dr. Azhari juga menyampaikan bagaimana pencegahan stunting.

            Dalam penyuluhan ini diawali dengan pretest untuk mengetahui seberapa pemahaman peserta tentang stunting. Peserta sangat antusias mengikuti penyuluhan stunting ini. Sebelum acara ditutup kelompok 06 mempersilahkan peserta untuk bertanya dan peserta yang bertanya mendapat reward atau hadiah. Acara ini ditutup dengan mengerjakan post test untuk mengetahui apakah pemahaman dari peseta bertambah setelah diberi materi stunting.

 

Sie Humas      : Alda Safitri Maria

Bendahara      : Mufidatul Khasanah

Sekretaris        : Tika Meiliasari