PEMBIMBINGAN TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR'AN DI PADUKUHAN WATUGEDUG GUWOSARI

14 Juli 2022
Dibaca 69 Kali
PEMBIMBINGAN TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR'AN DI PADUKUHAN WATUGEDUG GUWOSARI

Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPA)  merupakan lembaga atau kelompok masyarakat yang menyelenggarakan pendidikan non formal jenis keagamaan islam yang bertujuan untuk memberikan pengajaran membaca Al-Qur'an sejak usia dini serta memahami dasar-dasar "dinul islam" pada anak usia kanak-kanak, Sekolah Dasar atau Madrasah Ibyidaiyah (SD/MI) atau bahkan yang lebih tinggi. Di Padukuhan Watugedug terdapat 3 tempat pelaksanaan TPA. 

Mulai tanggal 20 Juni 2022, anggota kelompok 14 Guwosari KKN-T Universitas Alma Ata membantu kegiatan TPA di 3 tempat tersebut. Kegiatan ini dilaksanakan dari hari senin-kamis. Adapun kegiatan yang dilaksanakan yaitu hari senin dilaksanakan praktik sholat, hari selasa belajar menulis Huruf Hijaiyah, hari rabu-sabtu membaca iqra', belajar sholawat diba'. Kegiatan TPA dilaksanakan setelah melakukan sholat 'ashar dan sholat Mahrib. 

Pelaksanaan Taman Pendidikan Al Qur’an (TPA)  adalah untuk menciptakan generasi muda yang beriman dan mengembangkan seluruh potensi anak sejak usia dini dalam rangka mewujudkan pendidikan anak seutuhnya sehingga nantinya terbangun generasi ideal masa depan yang beriman, berakhlak mulia, cerdas dan mandiri.

 

Tsania Nur Hidayati dan Rofiqotus Sholekah