PENYULUHAN DAN PEMANFAATAN TOGA

20 Juli 2022
Dibaca 1.117 Kali
PENYULUHAN DAN PEMANFAATAN TOGA

Pada (03/07/2022) hari Minggu pagi kelompok 8 KKN T Universitas Alma Ata telah menyelenggarakan penyuluhan pengenalan dan pemanfaatan TOGA ( Tanaman Obat Keluarga ) dengan pemateri ibu Apt Annisa Fatmawati, M.Farm kepada warga dusun Kembanggede. Bersama ibu ibu KWT dan Ibu dukuh melaksanakan penanaman Toga bersama dengan tujuan dilakukannya kegiatan ini warga  dusun Kembanggede semakin mengetahui tanaman toga dan khasiatnya serta bisa membuat nya sendiri.

Dimana Toga sendiri ialah singkatan dari Tanaman Obat Keluarga yang berfungsi sebagai obat untuk kesehatan keluarga sekaligus berupa tanaman atau tanaman berestetika yang memenuhi kriteria keindahan pekarangan . Toga biasanya memanfaatkan sebidang tanah di halaman rumah, kebun maupun ladang untuk budidaya tanaman berkhasiat obat, Di penyuluhan kali ini sasaran nya ialah ibu bapak warga dukuh dusun Kembanggede.

Ibu Apt. Annisa Fatmawati,M.Farm juga menyampaikan Tanaman Toga yang bisa digunakan beragam bisa akar contoh nya akar pepaya sebagai obat cacing dan akar pohon aren sebagai diuretik , daun contohnya daun kumis kucing sebagai obat kencing manis dan daun kelor untuk mengobati demam, buah contohnya mengkudu dan belimbing wuluh untuk penurun kolestrol, bunga contohnya bunga Telang untuk daya tahan tubuh, rimpang contohnya kunyit untuk anti mikroba, batang contohnya batang kayu manis untuk mengobati batuk, sesak nafas, perut gembung dan diare, herba/seluruh bagian tanaman kecuali akar.

Kemudian ibu apt. Annisa Fatmawati,M.Farm juga menyampaikan resep dari dr.Zaidul Akbar yang baik untuk Pengapuran / Nyeri Tulang.

Bahan :

3 buah jeruk nipis

2 sdm madu

1 gelas air hangat

Seujung sdt garam Himalaya

Cara :

Campur semua bahan menjadi satu

dan minum selagi hangat

Manfaat :

Bebas dari masalah pencernaan dan masalah keasaman tubuh.

setelah dilakukannya penyuluhan, pada (16/07/2022) mahasiswa kknt bersama pengurus KWT dusun kembanggede melaksanakan kegiatan penanaman tanaman obat keluarga disalah satu halaman warga dusun. tanaman yang ditanam antara lain : jahe merah, daun mint, zodia, serai, inggu, dan kencur. dengan adanya penanaman TOGA diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan mengenai salah satu tanaman yang bermanfaat sebagai obat dan dapat memanfaatkan halaman yang kosong.