OBSERVASI UMKM TELUR ASIN IBU AFRIYANTI

03 Juli 2022
Dibaca 718 Kali
OBSERVASI UMKM TELUR ASIN IBU AFRIYANTI

IMG_20220624_104414_033 (1)

   Jum’at 24 juni 2022, kelompok 4 Gandekan Universitas Alma Ata melakukan observasi ke salah satu UMKM yang ada di Dusun Gandekan, UMKM tersebut yaitu usaha telur asin. Usaha ini sebenarnya sudah berdiri lama, namun Ibu Afriyanti sempat berhenti saat melahirkan anak pertamanya, beberapa tahun akhir belakangan ini, Ibu Afri kembali menjalankan usahanya tersebut.  Meski selama pandemi COVID-19 sempat susah untuk melakukan penjualan karena sepi pembeli, saat ini sudah mulai kembali normal seperti biasa, yang mana Ibu Afri ini mendistribusikan  telur asinnya di beberapa warung yang ada didusun Gandekan. “ini hanya usaha sampingan saja, baru mulai dirintis supaya nanti saat suami saya sudah pensiun dari PNS kita sudah punya usaha tetap” ujar ibu afri.

   Dalam pembuatan telur asin ini, Ibu Afri langsung membeli telur mentahannya ke peternakan di desa Sendang sari, selain itu Ibu Afri juga menyediakan bata satu karung yang nantinya digunakan untuk proses pengelolaan didalam ember yang biasa dugunakan. Dalam satu minggu Ibu Afri bisa menghasilkan 700 biji telur asin, dengan modal awal per satu biji telur mentah seharga Rp.2.300, dan kemdian setelah menjadi telur asin dijual  seharga Rp.3.500, jadi Ibu afri ini mengambil untung kira-kira sekitar  Rp. 1.500.

    Kemudian, untuk waktu pengolahan telur asin dilakukan dalam waktu 7-15 hari tergantung seberapa banyak garam yang dimasukkan, tingkat keasinan tergantung dari permintaan konsumen, jika semakin banyak garam maka semakin cepat proses pengendapan, sebaliknya semakin sedikit garam semakin lama proses pengendapan telur asin tersebut. Lalu untuk sistem pemasaran yang dilakukan Ibu Afri awalnya masih tradisional, hanya mendistribusikan diwarung-warung sekitar Gandekan saja, untuk pelanggan tetap saja yang biasanya menghubungi lewat telfon, namun saat ini Ibu afri membuat telur asin sesuai pesanan, Ketika ada acara hajatan pelanggan akan langsung memesan telur asin dalam jumlah banyak.

( By : Sie Acara dan Humas, Hasanah & Lisa Nurfitri, klp.4 kknt gandekan)