Ziarah Makam Orang Tua, Ulama dan Sesepuh Kampung Sebagai Wujud Bakti dan Doa

07 Juli 2022
Dibaca 1.135 Kali
Ziarah Makam Orang Tua, Ulama dan Sesepuh Kampung Sebagai Wujud Bakti dan Doa

Bungsing-Guwosari (07/07) warga masyarakat dusun Bungsing Guwosari Pajangan Bantul pada hari kamis, 07 Juli 2022 melaksanakan kegiatan rutin setiap malam jumat kliwon (pasaran jawa) dengan membaca yasin tahlil yang dipimpin tokoh agama setempat.

Jumat adalah waktu terbaik bagi seorang hamba memohon kebaikan kepada Allah SWT. Di hari itu, Allah akan mengabulkan apa yang diminta hamba-Nya. Jumat juga menjadi waktu terbaik untuk ziarah kubur ke makam orang tua maupun orang saleh. Dalam kitab AlBujairomi alal khotib diterangkan bahwa menziarahi kuburan kedua orang tua atau salah satu dari orang tua pada hari Jumat itu pahalanya seperti haji, bahkan lebih besar.

 وَفِي رِوَايَةٍ مَنْ زَارَ قَبْرَ وَالِدَيْهِ كُلَّ جُمُعَةٍ أَوْ أَحَدِهِمَا فَقَرَأَ عِنْدَهُ يَس وَالْقُرْآنِ الْحَكِيمِ غُفِرَ لَهُ بِعَدَدِ ذَلِكَ آيَةً وَحَرْفًا وَفِي رِوَايَةٍ مَنْ زَارَ قَبْرَ وَالِدَيْهِ أَوْ أَحَدِهِمَا يَوْمَ الْجُمُعَةِ كَانَ كَحَجَّةٍ 

“Dalam riwayat lain, Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, ‘Siapa saja yang menziarahi (makam) kedua orang tuanya atau salah satu dari keduanya setiap Jumat, lalu membaca di dekatnya Surat Yasin dan sejumlah ayat Alquran, maka diampuni baginya dosa sebanyak ayat dan huruf,’ dalam riwayat lain, ‘Siapa saja yang menziarahi (makam) kedua orang tuanya atau salah satu dari keduanya pada hari Jumat, maka itu bernilai ibadah haji," (Lihat Al-Bujairimi, Tuhfatul Habib alal Khatib, [Beirut, Darul Kutub Al-Ilmiyyah: 1996 M/1417 H], cetakan pertama, juz II, halaman 573).

Dalam kesempatan ini hadir pula mahasiswa Universitas Alma Ata Yogyakarta yang tergabung dalam kelompok 13 KKNT 2022 turut serta memanjatkan doa untuk orang tua sekaligus guru dari masyarakat dusun Bungsing Guwosari khususnya dan masyarakat Bantul serta DIY pada umumnya yakni membaca yasin tahlil di Maqbaroh Simbah KH Rifai, KH Mabarun dan KH Ahmad Badawi Cholil yang berada di Bungsing Guwosari Pajangan Bantul tersebut.

 

KH Mabarun terkenal dengan siaran dakwahnya melalui Radio Persatuan Bantul. Tidak hanya masyarakat Bantul saja, tetapi masyarakat DI Yogyakarta. Rekaman siaran tersebut sampai kadang diputar ulang saat Ramadhan tiba.

Kegiatan ini diikuti oleh semua warga dan mahasiswa KKNT kelompok 13 dimulai dari pukul 19.30 WIB sampai dengan selesai.

Khanifudin_(Humas KKN-T 13)