Meningkatkan Iman dan Taqwa Melalui Seni Musik Religius (Rebana)

05 Juli 2022
Dibaca 134 Kali
Meningkatkan Iman dan Taqwa Melalui Seni Musik Religius (Rebana)

Guwosari (05/07) Kelompok 13 KKN-T Universitas Alma Ata Yogyakarta mengadakan pendekatan musik religius (Rebana) sebagai media peningkatan iman dan taqwa kepada Allah SWT. Dengan media ini diharapkan peserta (santri) mengenal dan lebih mencintai Rosululla Muhammad SAW, "ungkap Khanifudin salah satu pegiat program tersebut. Jika seseorang cinta Rosulullah pastilah mencintai Tuhan Nya yakni Allah SWT. Diharapkan santri semakin rajin dalam pelaksaan ibadah wajib lainnya mencontoh manusia idola mereka yaitu Nabi akhir zaman yang menjadi tauladan semua ummat, tidak lain tidak bukan yakni Rosulullah Muhammad SAW.

 

Pada pertemuan ke dua ini peserta belajar menerapkan rumus pukulan rebana; dari rumus satu, dan rumus dua. Kegiatan yang berjalan setiap hari selasa ini adalah salah satu program Prodi PAI. Harapannya selama kurang lebih 8 kali pertemuan ini selain peningkatan keimanan dan kecintaan, peserta juga bisa memainkan rebana secara kelompok sampai pada rumus variasi nya.

 

Kegiatan ini dilaksanakan mulai pukul 16.00 sampai dengan menjelang maghrib dengan target peserta adalah santriwan santriwati yang ada di Masjid Al Mutathohirin dusun bungsing Guwosari asuhan Kyai. Muhammad Humam Al Hafidz. Setiap hari selasa kurang lebih hadir 15 sampai 20 santri mengikuti latihan ini. Masing-masing memainkan satu alat musik; rebana ada 4 orang, bass 1 orang, tam 1 orang, tamborin 1 orang, dumbuk/jimbe 1 orang ditambah 4 santri sebagai vocal, selebihnya mengikuti membaca sholawat yang dilantunkan bersama vocal.

 

Silahkan manfaatkan masjid ini untuk mengadakan kegiatan apa saja selagi itu adalah kegiatan yang positif, kata Kyai Humam kepada mahasiswa KKN-T pada kesempatan pertama kali perkenalan. Kalau mau mengadakan pangajian, ngaji, atau pelatihan monggo-monggo saja," tambahnya.

Dengan dibantu prodi lain yang tergabung pada kelompok 13 ini menambah semaraknya hasanah permusikan yang ada.

Khanifudin_Humas KKN-T 13