Monitoring Pelaksanaan Cor Blok Jalan Kedung

03 April 2023
Administrator
Dibaca 51 Kali
Monitoring Pelaksanaan Cor Blok Jalan Kedung

Menindaklanjuti pelaksanaan padat karya pembagunan cor blok jalan di padukuhan Kedung yang telah berjalan, Senin,03 April 2023 rombongan dari Biro Tata Pemerintahan Setda DIY bersama Paniradya Pati Keistimewaan dan didampingi Wakil Bupati Bantul, Panewu Pajangan, Lurah Guwosari dan Lurah Sendangsari melaksanakan monitoring ke lokasi yang sedang dikerjakan.

Kepala Biro Tata Pemerintahan Setda DIY KPH Yudanegara mengatakan, Program Padat Karya Istimewa tersebut sejalan dengan kebijakan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X yaitu kalurahan menjadi basis pembangunan. 

Anggaran untuk Program Padat Karya Istimewa ini disalurkan melalui pos anggaran Bantuan Keuangan Khusus (BKK) pada APBD DIY tahun 2023,” kata KPH Yudanegara usai meninjau proyek Padat Karya Istimewa.

Paniradya Pati Keistimewaan  DIY, Aris Eko Nugroho menjelaskan, Program Padat Karya Istimewa dilakukan oleh Pemerintah Kalurahan. Tahapan program ini cukup panjang karena diawali dengan pengajuan proposal dari tingkat kalurahan, seleksi hingga pengerjaan di lapangan. 

Proyek Program Padat Karya Istimewa dikerjakan secara swakelola oleh kalurahan. Hal ini dipilih karena ingin menjaga semangat gotong royong yang selama ini sudah tertanam di tengah masyarakat.

Wakil Bupati Bantul, Joko Purnomo mengatakan, tahun 2023 ini Kabupaten Bantul mendapat alokasi danais sebesar Rp32,6 miliar. Untuk Program Padat Karya Istimewa diterima oleh 39 Kalurahan dengan total anggaran sebsar Rp6,8 miliar. 

Lurah Guwosari Pajangan, Masduki Rahmat menyampaikan terima kasih atas perhatian Pemda DIY yang telah memiliki Kalurahan Gowasari dalam Program Padat Karya Istimewa berupa pengerasan akses jalan. Warga sangat senang dengan program ini karena telah dinanti sejak tahun 1980.

Ruas jalan yang dicor ada sekitar 3 kilo meter. Pengerasan jalan ini tentu akan membuka akses ekonomi warga. Sebab, jalan ini merupakan jalan penghubung ke destinasi wisata dan rumah makan.