Tasyukuran Desa Budaya Kalurahan Guwosari, Gamelan "Tirto Wening" Menggema

30 Januari 2024
Admin
Dibaca 51 Kali
Tasyukuran Desa Budaya Kalurahan Guwosari, Gamelan
Setelah dikukuhkan menjadi Desa Budaya pada penghujung tahun 2023 lalu, Pemerintah Kalurahan Guwosari mengelar acara Tasyukuran Desa Budaya Kalurahan Guwosari yang digelar pada Selasa, 30 Januari 2024 di Pendopo Kalurahan Guwosari.
 
Acara diawali dengan sambutan Lurah Guwosari yang menyampaikan komitmen untuk melestarikan dan mengembangkan kebudayaan lokal. Hal ini ditandai dengan pelantikan pengurus Desa Budaya yang disambut antusias oleh warga. Mereka siap mengemban amanah untuk menjaga warisan seni dan tradisi Guwosari.
 
Kebahagiaan semakin bertambah dengan penyerahan simbolis tunjangan purna tugas kepada Bamuskal Guwosari yang purna pada tahun 2024 ini. Apresiasi ini menjadi bukti kepedulian terhadap dedikasi mereka dalam membangun Kalurahan Guwosari.
 
Wakil Bupati Bantul, Bapak Joko B Purnomo, turut hadir dan menyampaikan dukungan penuh terhadap peresmian Desa Budaya Guwosari. Beliau menekankan pentingnya pelestarian budaya. Pada kesempatan ini beliau juga memberikan nama pada Gamelan Kuningan yang diberikan oleh Pemerintah Kabupaten Bantul melalui Dinas Kebudayaan, gamelan tersebut dinamai "Tirto Wening".
 
Suasana kian hikmat saat Bapak Anjar Arintaka Putra S.Sos., MM., selaku Panewu Pajangan, memotong tumpeng dan menyerahkannya kepada Ketua Desa Budaya, Bapak H. Muhammad Juremi S.Sos. Momen ini menjadi simbol persatuan dan semangat gotong royong untuk memajukan Desa Budaya Kalurahan Guwosari.
 
Acara ditutup dengan penampilan apik dari gamelan "Tirto Wening" yang mengalun merdu. Suara gamelan yang berpadu dengan semangat warga seolah menjadi janji untuk terus membunyikan warisan budaya Guwosari hingga jauh ke masa depan.
Â