Bimbingan Belajar di Kembang Putihan oleh KKN-T 03 Universitas Alma Ata

18 Juli 2022
Dibaca 77 Kali
Bimbingan Belajar di Kembang Putihan oleh KKN-T 03 Universitas Alma Ata

Rabu, 15 Juni 2022. Penerjunan KKN-T 03 Universitas Alma Ata bertepatan dengan selesainya Penilaian Akhir Semester (PAS) bagi siswa Sekolah Dasar. Selesainya Penilaian Akhir Semester (PAS) menandakan bahwa libur sekolah akan segera dilaksanakan. Libur sekolah merupakan hari yang sangat dinanti bagi sebagian besar anak sekolah, karena waktu yang mereka gunakan untuk bersekolah dapat digunakan untuk bermain dan menghabiskan waktu tanpa memikirkan tugas-tugas yang diberikan oleh guru. Namun hal ini dikhawatirkan oleh orang tua, yang mana disaat mereka bermain dapat menghabiskan waktu dan lalai akan kewajibannya. Terlebih di era digital seperti ini tentunya perkembangan game online semakin banyak dan bervariatif dapat membuat siswa semakin malas untuk melakukan aktivitas dan memilih untuk memainkan game online dan sosial media yang nantinya akan menghabiskan uang untuk membayar kuota, tagihan wifi, dan listrik.

 

Dengan adanya masalah tersebut KKN-T 01 Kembang Putihan mengadakan kegiatan Bimbingan Belajar untuk anak usia 5-13 tahun. Kegiatan ini sangat diapresiasi oleh tokoh masyarakat seperti Kepala Dukuh, Ketua RT, Takmir Masjid, dan orang tua pada umumnya. Selain dengan memanfaatkan waktu agar tidak bermain game dan sosial media kegiatan ini juga membantu siswa untuk mempersiapkan materi yang akan didapat ketika kembali bersekolah. Karena setelah libur selesai siswa akan naik kelas ke tingkat yang lebih tinggi seperti PAUD ke TK, TK ke SD, dan tingkat kelas di SD yang disesuaikan dengan kelas yang ditempati sebelumnya.

 

Bimbingan belajar dilaksanakan selama 2 minggu mulai dari tanggal 2 Juli-7 Juli. Kegiatan ini diasakan tiap hari Rabu dan Sabtu pukul 08.00-10.00 WIB di Masjid Istikmal Kembang Putihan. Anak-anak yang mengikuti kegiatan ini cukup banyak dan sangat antusias sehingga mahasiswa KKN-T 03 Universitas Alma Ata juga bersemangat saat belajar bersama anak-anak Kembang Putihan. Materi yang disampaikan beragam ada Matematika, Bahasa Indonesia, Ilmu Pengetahuan Alam, Kewarganegaraan, Karakter, bahkan belajar di alam. Selain itu ada juga penyisipan game agar anak-anak tidak jenuh selama kegiatan bimbingan belajar berlangsung.

 

Kegiatan ini dirasa memiliki banyak manfaat, selain mengisi waktu libur anak juga dapat memberikan pengalaman yang luar biasa bagi mahasiswa KKN-T 03 Universitas Alma Ata. Seperti pengalaman mengajar, mwngatur waktu, mengolah emosi, dan berkomunikasi dengan baik. Terimakasih atas pengalaman berharganya, sampai jumpa.