KKN-T UAA 05 Karangber : Kegiatan Yasinan bersama Ibu-ibu

11 Maret 2024
Univ Alma Ata
Dibaca 24 Kali

Karangber - Untuk menjalin tali silaturahmi dengan warga masyarakat Padukuhan Karangber serta memperdalam iman bersama, Mahasiswi KKN-T UAA 2024 Kelompok 5 aktif bergabung dalam kegiatan rutinan pengajian Yasinan, yang diadakan setiap satu minggu sekali dan dihadiri oleh para ibu-ibu setempat.

Kegiatan Yasinan merupakan salah satu agenda rutin yang diadakan oleh ibu-ibu di Padukuhan Karangber setiap satu minggu sekali pada malam jumat. Acara ini dimulai dengan tahlil untuk mengenang leluhur terdahulu, dilanjutkan dengan pembacaan surah Yasin secara bersama-sama. Setelah pembacaan surah Yasin, kegiatan dilanjutkan dengan doa yang dipimpin oleh salah satu tokoh masyarakat. Setelah doa, suasana menjadi lebih santai dengan sambutan dan obrolan bersama, sambil menikmati makanan bersama.

Selain menjadi ajang untuk meningkatkan kebersamaan dan spiritualitas, kegiatan Yasinan juga menjadi wadah bagi Mahasiswi KKN-T UAA 2024 Kelompok 5 untuk lebih memahami dan merasakan kehidupan serta nilai-nilai yang dijunjung tinggi oleh masyarakat Padukuhan Karangber. Dalam interaksi yang terjalin di acara tersebut, mahasiswi KKN juga mendapatkan kesempatan untuk mendengarkan beragam cerita dan pengalaman hidup dari para ibu yang turut serta dalam kegiatan tersebut, yang pada akhirnya turut membuka cakrawala pemahaman dan pengalaman bagi mereka.

Melalui kegiatan ini, diharapkan hubungan antara mahasiswa/i KKN-T UAA dan masyarakat Padukuhan Karangber semakin erat sehingga dapat menimbulkan symbiosis mutualisme yang positif.