Mahasiswa KKN-T 03 UAA Sosialisasikan Pola Hidup Sehat dan Swamedikasi kepada Ibu PKK di Kedung

03 Maret 2024
Univ Alma Ata
Dibaca 46 Kali
 Mahasiswa KKN-T 03 UAA Sosialisasikan Pola Hidup Sehat dan Swamedikasi kepada Ibu PKK di Kedung

Para mahasiswa dari Kelompok Kuliah Kerja Nyata-Tematik (KKN-T) 03 Universitas Alma Ata (UAA) telah melaksanakan kegiatan sosialisasi yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan Penerapan Pola Hidup Sehat (PHBS) dan Swamedikasi di Dukuh Kedung, Guwosari. Kegiatan ini merupakan bagian dari program pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa tersebut.

 

Dalam suasana yang penuh antusiasme, mahasiswa KKN-T 03 UAA berkumpul dengan ibu-ibu PKK dari Dukuh Kedung untuk memberikan informasi yang penting seputar menjaga kesehatan dan pemahaman yang tepat tentang swamedikasi.

 

Pola hidup sehat menjadi fokus utama dalam kegiatan sosialisasi ini. Para mahasiswa dengan penuh semangat menyampaikan betapa pentingnya menjaga kebersihan diri, pola makan sehat, dan pentingnya berolahraga secara teratur dalam menjaga kesehatan tubuh, terutama di masa seperti sekarang ini.

 

Tak hanya itu, sosialisasi juga melibatkan pembahasan tentang swamedikasi, yang merupakan penggunaan obat tanpa resep dokter. Mahasiswa memberikan pengetahuan tentang jenis-jenis obat yang aman untuk dikonsumsi tanpa resep dokter, serta memberikan pemahaman tentang risiko dan batasan penggunaannya.

 

Partisipan dari ibu-ibu PKK merespons positif kegiatan tersebut. Mereka menyatakan bahwa informasi yang diberikan oleh para mahasiswa sangat berharga dan akan mereka terapkan dalam kehidupan sehari-hari mereka serta mereka juga berencana untuk menyebarkan informasi tersebut kepada warga lainnya.

 

Kegiatan sosialisasi tentang Penerapan Pola Hidup Sehat (PHBS) dan Swamedikasi di Dukuh Kedung, Guwosari diharapkan dapat menjadi langkah awal perubahan positif dalam pola hidup dan pemahaman masyarakat seputar kesehatan, serta menjadi contoh bagi kegiatan serupa di daerah lain.