MAHASISWA KKN-T KELOMPOK 03 UNIVERSITAS ALMA ATA MENGHIDUPKAN KEMBALI KEGIATAN SENAM LANSIA

17 Juli 2022
Dibaca 51 Kali
MAHASISWA KKN-T KELOMPOK 03 UNIVERSITAS ALMA ATA MENGHIDUPKAN KEMBALI KEGIATAN SENAM LANSIA

Senam lansia merupakan serangkaian gerak nada yang teratur dan terarah serta terencana yang diikuti oleh orang yang sudah lanjut usia yang dilakukan dengan maksud meningkatkan kemampuan fungsional raga untuk mencapai tujuan tersebut. Kegiatan senam lansia di dukuh kentolan kidul sudah tidak aktif selama kurang lebih 2 tahun, oleh karena itu mahasiswa KKN-T Universitas Alma Ata ber inisiatif untuk mengaktifkan Kembali senam lansia tersebut. Tujuan Mahasiswa KKN-T Universitas Alma Ata mengaktifkan Kembali senam lansia di dukuh kentolan kidul supaya orang-orang yang sudah lanjut usia bisa menjaga Kesehatan jasmaninya, memperlancar proses degenerasi karena perubahan usia, dan mempermudah untuk menyesuaikan Kesehatan jasmani dalam kehidupan.

            Kegiatan senam yang diadakan oleh Mahasiswa KKN-T Universitas Alma Ata di lakukan pada tanggal 17 juli 2022 yang bertempat di balai makam dukuh kentolan kidul. Dalam melakukan senam lansia alangkah baiknya memperhatikan beberapa hal gerakannya bersifat dinamis, bertahap menigkat, adanya pemanasan dan pendinginan pada setiap Latihan, lama Latihan berlangsung kurang lebih 15-60 menit, frekuensi Latihan minimal 3x/minggu, selalu mempertahankan keselamatan, tidak dianjurkan bila tekanan darah lebih dari 180 mmHg, dan penyakit berat.

Sebelum melakukan senam lansia terdapat beberapa tips yaitu sebelum dan sesudah senam selalu minum air putih terlebih dahulu untuk menggantikan keringat yang hilang, senam lansia ini di awasi oleh Mahasiswa KKN-T Universitas Alma Ata, agar tidak terjadi cidera, dan senam lansia dilakukan pada waktu pagi hari.

(Muhammad Hanif arrizal fawa’id - S1 PAI)