GUWOSARI SEHAT JOGJA ISTIMEWA

05 Juli 2021
Administrator
Dibaca 81 Kali
GUWOSARI SEHAT JOGJA ISTIMEWA

Pemerintah Kalurahan Guwosari mendukung secara penuh Penanganan Covid19 dengan mengalokasikan Dana Desa lebih dari 8% yang digunakan untuk penyelenggaraan Desa Siaga Kesehatan seperti: pengadaan sarana dan prasarana pendukung Protokol Kesehatan, Penguatan satgas Pedukuhan (APD, Desinfektan, & Sarana Penanganan Covid), penyediaan Shelter Sehat di tingkat Kalurahan, Sosialisasi AKB, Pemakaman dengan protokol kesehatan, dan pemulihan ekonomi dengan kegiatan Padat Karya Tunai, serta penyaluran BLT Dana Desa dengan Skema Non-tunai melalui Pasardesa.id.

Pemerintah juga memberikan jaring pengaman sosial sebagai upaya pengurangan dampak pandemi melalui Program Jaminan Hidup. Program yang berupa pembagian 565 paket sembako yang diditribusikan dengan memberdayakan sopir Gojek yang ada di wilayah Kalurahan Guwosari.

karena dalam penanganan covid19 kami tidak bisa berjalan sendiri sehingga muncullah gerakan “Jogo Warga”, sebuah gerakan yang mengedepankan partisipasi aktif warga untuk saling menjaga. Jika ada yang terinfeksi virus Covid19, warga dapat saling menjaga, dan tidak memberikan stigma negatif pada mereka yang tertular. Bentuk perhatian tersebut dilakukan dengan berbagai hal sesuai kemampuan masing-masing pedukuhan, hampir di semua pedukuhan di Kalurahan Guwosari terdapat lumbung pangan/lumbung donasi, yakni sebuah tempat berdonasi untuk menempatkan bahan makanan maupun uang. Siapa saja dapat menyumbang dan hasil sumbangan tersebut digunakan untuk membantu terutama mereka yang terdampak Covid-19 dan sedang berisolasi.

Melalui satgas kalurahan dan padukuhan yang melaksanakan berbagai kegiatan yang bertujuan untuk menimalisir penyebaran virus covid19 dengan melakukan spraying desinvektan, ozon, menghantarkan swab maupun ke shelter, pemakaman dengan protokol kesehatan, dan mengingatkan warga untuk selalu menggunakan masker.

Kami yakin Jogja mampu melewati pandemi ini dengan kekuatan paseduluran, seperti dawuh dalem Sri Sultan Hamengku Buwono X "dengan semangat mencegah penularan, mengobati yang sakit, menjaga tetangga yang isolasi" maka kembali Guwosari Sehat, dan Jogja tetap Istimewa.

"Tetap Jaga Jarak, Cuci Tangan dan Pakai Masker"

_
Whatsapp: 02746461041
Facebook: Kalurahan Guwosari
Instagram: @desaguwosari
Website: Guwosari.desa.id

_
Mari bersama-sama Nyawiji mBangun Kalurahan Guwosari

#Guwosari #Pajangan #Bantul #Yogyakarta
#GuwosariSehat #JogjaIstimewa