Mubes (Musyawarah Besar) Bersama Tokoh Masyarakat Dusun Karangber, Guwosari (KKN-T Kelompok 9)

22 Juni 2022
Dibaca 244 Kali
Mubes (Musyawarah Besar) Bersama Tokoh Masyarakat Dusun Karangber, Guwosari (KKN-T Kelompok 9)

Mubes (Musyawarah Besar) Bersama Tokoh Masyarakat Dusun Karangber, Guwosari, Pajangan, Bantul.

(Gambar 1: Dokumentasi Mubes)

 

Karangber,Guwosari (16/06/2022) - Kegiatan Mubes (Musyawarah besar) merupakan perkumpulan dua orang atau lebih yang bertujuan untuk memutuskan suatu jalan keluar saat terdapat permasalahan dalam suatu kegiatan. Mubes (Musyawarah besar) dapat diselenggarakan secara tatap muka maupun media massa menggunakan sebuah aplikasi contohnya, seperti zoom atau google meet. Terdapat beberapa jenis musyawarah contohnya, seperti musyawarah kecil dan musyawarah besar.

       Musyawarah kecil adalah musyawarah yang dilakukan secara non formal/tidak resmi maupun sederhana dihadiri oleh beberapa anggota dalam forum, sedangkan musyawarah besar adalah rapat yang dilaksanakan secara formal/resmi yang dihadiri banyaknya anggota.

(Gambar 2: Dokumentasi Mubes)

 

       Mubes (Musyawarah besar) bersama tokoh-tokoh masyarakat Dusun Karangber, Guwosari, Pajangan, Bantul dilaksanakan pada hari Kamis, 16 Juni 2022 jam 20.00 WIB. Mubes (Musyawarah besar) tersebut dilaksanakan untuk membahas program kerja yang telah disusun sebelumnya, kemudian setelah menyampaikan program kerja yang sudah disusun warga Dusun Karangber memberikan tanggapan, masukan, dan persetujuan atas yang telah disampaikan. Setelah mendapatkan persetujuan kemudian menentukan tanggal pelaksanaan program kerja bersama seluruh tokoh masyarakat beserta anggota KKN-T Universitas Alma Ata Kelompok 9. Mubes (Musyawarah besar) yang dilaksanakan berjalan dengan lancar, sesuai harapan, serta tanggapan tokoh masyarakat di Dusun Karangber sangat terbuka dan senang akan progam yang buat. Dalam sebuah organisasi tentu saja terdapat permasalahan yang akan dihadapi  adapun permasalahan kecil maupun masalah besar. Sehingga permasalahan tersebut perlu dilakukan musyawarah supaya mendapatkan solusi untuk menyelesaikan suatu masalah tersebut.