PROGRAM KERJA LAPANGAN KKN-T UAA KELOMPOK 03 KENTOLAN KIDUL | PENANAMAN TOGA (TANAMAN OBAT KELUARGA

30 Juni 2022
Dibaca 54 Kali
PROGRAM KERJA  LAPANGAN KKN-T UAA KELOMPOK 03 KENTOLAN KIDUL | PENANAMAN TOGA (TANAMAN OBAT KELUARGA

“Setiap penyakit pasti ada obatnya”, itulah kata mutiara yang dapat dijadikan semangat untuk mencapai kesembuhan. Mulai dari obat-obatan kimia hingga obat herbal yang mudah dijumpai sebagai tanaman penghias rumah. Di era modern, tanaman obat seringkali dianggap sebelah mata. Namun jangan mudah menganggapnya remeh, ada jenis obat herbal yang tergabung dalam jenis tanaman toga atau Tanaman Obat Keluarga.

Maka dari itu pentingnya penyuluhan kepada masyarakat agar bisa menanam toga minimal setidaknya 2 tanaman tersedia di rumah, selain jadi obat tanaman toga juga di gunakan sebagai bumbu rempah masakan dan tentunya tanpa mengurangi khasiat yang ada.

Bertepatan pukul 09.00 WIB pada hari jum’at 17 juni 2022, Kelompok 3 kentolan kidul-Universitas Alma Ata melaksanakan penanaman toga yang bertempat di halaman samping rumah Bapak M.Fakhturrohman selaku kepala dukuh kentolan kidul, selama kegiatan berlangsung dihadiri para ibu-ibu KADER dari RT 01-RT 04 dan para mahasiswa Universitas Alma Ata yang sedang KkN di dusun kentolan kidul.

Ada 2 jenis Tanaman Obat Keluarga (Toga) antara lain Jahe dan Kunyit. Jahe sendiri memiliki berbagai manfaat bagi tubuh yaitu sebagai daya tahan tubuh, mengurangi mual muntah, serta dapat menurunkan kadar gula darah. Kunyit berkhasiat mengurangi nyeri perut, menjaga kesehatan jantung, dapat juga digunakan untuk mempelancar menstruasi.

Tujuan dari program ini adalah sebagai penyuluhan kepada masyarakat tentang pentingnya toga untuk ada di sekitar rumah, sekaligus dapat dijadikan obat jika sewaktu-waktu diperlukan.

Kelompok 03 - PDD II HARTINI Prodi Sistem Informasi'19