Nyamuk WOW Mantul Masuk Guwosari

02 Februari 2022
Administrator
Dibaca 82 Kali
Nyamuk WOW Mantul Masuk Guwosari

Demam berdarah dengue atau DBD merupakan penyakit mudah menular yang berasal dari gigitan nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albopictus. Kedua nyamuk penyebab DBD biasanya menginfeksi seseorang di pagi sampai sore hari menjelang petang. Penularan terjadi saat nyamuk menggigit dan menghisap darah seseorang yang sudah terinfeksi virus dengue, ketika nyamuk tersebut menggigit orang lain, maka virus akan tersebar.

Pemerintah Kabupaten Bantul menaruh perhatian khusus terhadap penyakit DBD dengan meluncurkan program "WOW MANTUL” (Wolbachia Wis Masuk Bantul) kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Bantul dengan UGM di Ros In Hotel, Kamis (21/10/2021). 

Metode Wolbachia ini adalah metode alami menggunakan Bakteri Wolbachia yang merupakan hasil penelitian dan Inovasi dari Pusat Kedokteran Tropis FKKMK UGM. Dimana Bakteri Wolbachia dapat mengeblok replikasi virus dengue. Artinya, jika nyamuk menghisap darah yang mengandung Virus Dengue, virus tersebut tidak dapat bereplikasin di dalam tubuh nyamuk. Akibatnya, Virus Dengue tidak dapat ditularkan ke orang lain.

Sejalan dengan Pemerintah Kabupaten Bantul, Puskesmas Pajangan melaksanakan kegiatan Sosialisasi Program WOW mantul kepada masyarakat melalui Kader-kader Padukuhan dan Dukuh se-Guwosari di Aula Kalurahan Guwosari hari ini Rabu, 02 Februari 2021.

Sosialisasi berisi tentang tatacara pelaksanaan program, dari penyebaran ember berisi telur nyamuk ber-Wolbachia hingga monitoring.


Berdasarkan penilitian Wolbachia telah terbukti menurunkan 77% kasus DBD dan menurunkan 86 kasus DBD yang dirawat di rumah sakit.

 

"Tetap Jaga Jarak, Cuci Tangan dan Pakai Masker"

_
Facebook: Kalurahan Guwosari
Instagram: @desaguwosari
Website: Guwosari.desa.id
Whatsapp: 081222484200

_
Mari bersama-sama Nyawiji mBangun Kalurahan Guwosari

#KalurahanGuwosari #KapanewonPajangan #Bantul
#WOWMANTUL #UGM