Mahasiswa KKN-T 13 Bungsing Termotivasi Ceramah Ky. Mubasyir Untuk Tetap Manjadi Manusia Bermanfaat

06 Juli 2022
Dibaca 57 Kali
Mahasiswa KKN-T 13 Bungsing Termotivasi Ceramah Ky. Mubasyir Untuk Tetap Manjadi Manusia Bermanfaat

Guwosari (02/07) Minggu malam team KKN-T Universitas Alma Ata Yogyakarta turut menghadiri Pengajian rutin yang diadakan oleh pengurus Takmir Masjid Al Mutathohirin dusun Bungsing. Kegiatan ini dilaksanakan rutin setiap malam senin legi (pasaran Jawa). Meskipun dilaksanakan malam hari mulai pukul 19.30 sampai dengan 23.00 WIB antusias jamaah tidak berkurang. Terbukti bahwa jamaah yang hadir tidak kurang dari 100 orang dari semua kalangan baik tua, muda ataupun anak-anak.

Dalam sambutannya, kepada dukuh Bungsing menyampaikan serta berterimakasih kepada teman-teman mahasiswa yang sudah membantu. Mahasiswa tahun ini termasuk mahasiswa yang pintar membagi waktu," kata pak Ichwan. Terlihat ketika pagi dan sore sebelum dan sesudah membersamai kegiatan di masyarakat mahasiswa ini masih sempat melakukan aktivitas pribadinya seperti bergiliran mandi, makan dan sebagainya sehingga semua bisa berjalan lancar," imbuhnya.

Dalam kesempatan ini pengajian diisi oleh penceramah dari Krapyak Yogyakarta Bapak Kyai. Mubasyir. Kurang lebih isi ceramahnya juga menyinggung perihal manusia yang bermanfaat bagi manusia yang lainnya. Dengan mengutip salah satu hadits nabi Muhammad SAW yang berbunyi ;

وَخَيْرُ النَّاسِ أَنْفَعُهُمْ لِلنَّاسِ

“Dan sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia lainnya.” 

 

Dalam Al Qur'an, orang yang berbuat baik kepada sesama akan mendapat predikat sebagai sebaik-baiknya makhluk. Balasan bagi orang beriman yang beramal saleh atau berbuat baik kepada orang lain dengan memberikan sedekah dan menafkahkan hartanya untuk kepentingan masyarakat tidak lain adalah Surga 'Adn.

 

Ini akan menjadi motivasi tersendiri untuk mahasiswa KKN-T yang juga sebagai manusia tentunya ingin meraih kemuliaan tersebut dengan turut membantu serta berusaha menjadi manusia yang bermanfaat baik katika terjun karena tugas kampus ataupun setelahnya. Karena itu, sebagai orang yang beriman harus terus berusaha bagaimana agar menjadi orang yang bisa memberi manfaat pada orang lain dengan apa yang dimiliki sesuai dengan kemampuan.

Khanifudin_Humas KKN-T 13