Perayaan Idul Adha serta Menghadiri acara Muslimat Nu dan Pembelajaran TPA KKN-T Kedung Guwosari

30 Juli 2022
Dibaca 118 Kali

MAHASISWA MEMBERSAMAI PERAYAAN QURBAN WARGA KEDUNG GUWOSARI PAJANGAN

Pekan ke empat KKN T periode 3 kelompok 12 Kedung, Guwosari, Pajangan berjalan dengan lancar, sebagian besar program kerja telah terlaksana dengan baik. Pada minggu ini bertepatan dengan perayaan hari raya idul adha atau 10 dzulhijjah untuk kaum muslim seluruh dunia.

Minggu, 10 juli 2022 mahasiswa KKN T Universitas Alma ata membantu kegiatan penyembelihan sapi dan kambing di masjid Tegal Rejo dan mushola Al Furqon Kedung, Guwosari, Pajangan. Penyembelihan di desa kedung dibagi ke dua (2) tempat, yang pertama di masjid Tegal Rejo untuk RT 02, RT 03 dan RT 04 dan yang kedua di mushola Al Furqon untuk RT 01. Seluruh mahasiswa membantu penyembelihan, pemotongan, serta pembagian daging qurban. Mahasiswa KKN T kelompok 12 kedung dibagi rata untuk membantu penyembelihan. Penyembelihan dimulai setelah pelaksanaan sholat idul adha sekitar pukul 08.30 WIB. Para bapak, ibu, serta pemuda-pemudi ikut andil dalam penyembelihan.

Penyembelihan hewan qurban berlangsung dengan lancar karena antusias para warga yang tinggi. Dilanjut dengan pemotongan hewan qurban yang dilakukan para warga dibantu oleh mahasiswa KKN T. Pemotongan hewan qurban berlangsung sampai siang dilanjut dengan pembagian daging qurban dilakukan oleh pemuda beserta mahasiswa KKN T. Rangkaian kegiatan idul adha telah usai.

 

PENGAJIAN RUTIN MUSLIMAT NU I DUSUN KEDUNG

Pekan ke empat KKN T periode 3 kelompok 12 kedung, guwosari, pajangan berjalan dengan lancar, sebagian besar program kerja yang telah disusun telah terlaksana dengan baik. Pada minggu ini bertepatan dengan perayaan hari raya idul adha untuk kaum muslim seluruh dunia. Muslimat Nahdlatul Ulama Ranting Desa Guwosari, Kecamata Pajangan, Kabupaten Bantul, Yogyakarta, Mengadakan Pengajian Rutin selapan yang kali ini bertempat Di Halaman Masjid Tegal Rejo, RT 02 Dusun Kedung, Jumat 8 Juli 2022.

Pengajian Rutin Muslimat Desa Guwosari, adalah Pengajian yang rutin dilaksanakan setiap selapan atau sekitar satu bulan, yang dilaksanakan bergantian setiap dusun di Desa Guwosari, tentunya dengan mengundang penceramah disetiap acaranya. Dengan adanya kegiatan ini semoga kita dapat meningkatkan Ibadah kita Kepada Allah SWT dan selalu menjaga tali silahturahmi. Tradisi penyebaran Islam yang baik ini di pertahankan guna menjaga persatuan dan kesatuan umat sera bangsa Indonesia yang telah teruji dan terbukti merupakan tanggung jawab kita sebagai generasi penerus bangsa.

Kegiatan TPA Bersama Mahasiswa KKN-T Universitas Alma Ata Yogyakarta (Mengajar Iqro' dan Al-Qur'an

Rabu, 29 Juni 2022 Kelompok 12 KKN-T periode 3 Universitas Alma Ata Yogyakarta ikut serta dalam kegiatan belajar santri atau TPA yang bertempat di mushola Al-Furqon. Kegiatan TPA dimulai pada tanggal 24 Juni 2022 dan akan berlangsung sampai awal Agustus. Kegiatan ini dilaksanakan 3 kali dalam seminggu yaitu setiap hari Senin, Rabu, Jum'at dan kegiatan dimulai pukul 15.30 wib. Beberapa mahasiswa dibagi menjadi 3 kelompok untuk bergantian dalam mengajar.

KKN-T Universitas Alma Ata