KKN-T Pringgading : Jarang diketahui, inilah sederet manfaat daun selasih

24 Maret 2024
Univ Alma Ata
Dibaca 2.461 Kali

KKNT PRINGGADING tanaman obat 

Lumbung Mataraman merupakan program kedaulatan pangan yang diinisiasi oleh Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan DIY. Lumbung Mataraman secara sederhana merupakan upaya pemerintah untuk mengedukasi warga agar memanfaatkan pekarangannya untuk budidaya dan diversifikasi konsumsi pangan. Lumbung Mataraman telah dikembangkan di beberapa Kalurahan di DIY, salah satunya berada di Kalurahan Guwosari, Pajangan, Bantul.

Tanaman yang dikembangkan di Lumbung Mataraman merupakan tanaman yang produktif dan mampu mencukupi kebutuhan pangan serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar. Salah satu jenis tanaman yang ditanam di Lumbung Mataraman Kalurahan Guwosari adalah tanaman selasih.

Tanaman selasih memiliki banyak manfaat sehingga berpotensi besar untuk dikembangkan. Hampir semua bagian tanaman dapat dimanfaatkan mulai dari biji, bunga, hingga daunnya. Berbagai bagian tanaman ini berbau dan berasa khas, kadang-kadang langu, harum, atau manis. Tanaman selasih ini berasal dari wilayah Asia, seperti Asia Tenggara dan juga india. Selain itu, tanaman selasih ini sebagian dianggap berasal dari negara Thailand dan beberapa wilayah di Eropa.

Selasih umumnya tumbuh secara liar di tepi-tepi jalan dan dapat ditemukan di daerah dataran rendah sampai ketinggian 450 meter dan kadang-kadang ditanam sampai 1.100 meter di atas permukaan laut. Secara tradisional, selasih telah digunakan sebagai obat untuk menyembuhkan beberapa penyakit seperti, sakit kepala, batuk, diare, sembelit, penyakit kulit, penyakit cacing dan gagal ginjal. Kegunaan lain, tanaman ini sering digunakan sebagai penambah aroma pada makanan.

Daun selasih memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Beberapa manfaat daun selasih untuk kesehatan, antaranya adalah sebagai berikut:
1. Mengontrol kadar gula darah dan kadar kolesterol jahat
Daun selasih mengandung senyawa eugenol, caryophyllene, dan metil eugenol yang sangat bermanfaat bagi penderita diabetes. Ketiga senyawa tersebut bermanfaat baik bagi penderita diabetes karena dapat memberikan efek menyeimbangkan gula darah, sehingga dapat membantu mencegah dan mengontrol diabetes tipe 2. Selain itu, selasih juga kaya akan serat alami yang diketahui mampu menurunkan jumlah kolesterol di dalam darah.
2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Selasih merupakan salah satu sumber antioksidan yang cukup tinggi, sehingga daun selasih dapat membantu melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Dalam hal ini, selasih dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta mencegah terjadinya penyakit kronis seperti kanker.
3. Menjaga kesehatan jantung
Daun selasih mengandung senyawa eugenol yang dapat membantu mencegah penyakit jantung dan stroke. Kandungan senyawa tersebut dapat membantu meningkatkan aliran darah dan mengurangi peradangan serta melindungi pembuluh darah dari kerusakan. Selain itu, daun selasih juga mengandung magnesium yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung serta dapat mencegah terjadinya serangan jantung.
4. Menjaga kesehatan tulang
Kandungan magnesium dalam daun selasih dapat membantu menjaga kesehatan tulang dan mencegah terjadinya osteoporosis. Selain itu, daun selasih juga mengandung kalsium dan vitamin K yang berperan penting bagi kesehatan tulang.
5. Mengatasi masalah pencernaan
Kandungan eugenol dalam daun selasih dipercaya dapat membantu untuk mengatasi masalah pencernaan. Kandungan senyawa tersebut dapat membantu membunuh bakteri dan mikroba dalam sistem pencernaan serta dapat meningkatkan produksi cairan pencernaan.