Kerja Bakti dan Posyandu KembangPutihan_Guwosari

08 Juli 2022
Dibaca 77 Kali
Kerja Bakti dan Posyandu KembangPutihan_Guwosari

Selasa 06 Juli 2022 - Kelompok 01 KKN-T Periode 3 Universitas Alma Ata Padukuhan Kembang Putihan melakukan kerja bakti dan posyandu, kerja bakti merupakan salah satu kegiatan sosial untuk mencapai suatu tujuan bersama. Kerja bakti dinilai menjadi aspek penting dalam membangun hubungan solidaritas dimasyarakat karna, dengan melakukan kerja bakti masyarakat akan saling berinteraksi dan bekerjasama dengan orang-orang dilingkungannya.

Posyandu adalah kegiatan pelayanan sosial dasar keluarga dalam aspek pemantauan tumbuh kembang anak, dalam pelaksanaannya dilakukan secara koordinatif dan integratif serta saling memperkuat antar program dan kegiatan untuk kelangsungan pelayanan di Posyandu sesuai dengan situasi/kebutuhan lokal yang dalam kegiatannya tetap memperhatikan aspek pemberdayaan masyarakat. Tujuan dari posyandu yaitu untuk meningkatkan peran serta masyarakat untuk mengembangkan kegiatan kesehatan dan Keluarga Berencana (KB) serta kegiatan lainnya yang menunjang untuk tercapainya masyarakat sehat sejahtera.

A. Kerja bakti

Peduli Kebersihan Tempat Ibadah dengan Kerja Bakti di Masjid istikmal yang berada RT 01 Kembang Putihan, Guwosari. Tempat ibadah tentu saja identik dengan sifatnya yang suci dan bersih. Apalagi bagi umat Islam yang memang diajarkan mengenai thaharah sendiri. Kebersihan masjid maupun musholla, dalam hal ini patut menjadi perhatian penting karena demi kenyamanan dan kekhusyukan dalam beribadah.

          Kegiatan kerja bakti dimulai pukul 08:30 WIB yang dihadiri oleh mahasiswa KKN-T Universitas Alma Ata, Pemuda Pemudi Kembang Putihan dan beberapa bapak-bapak warga padukuhan Kembang Putihan dalam rangka persiapan Hari Raya Idul Adha. Kegiatan kerja bakti dimulai dengan membersihkanbeberapa sisi masjid, menyapu, menguras bak penampung air wudhu, membersihkan karpet dengan vacum cleaner lalu menggulung karpet masjid hinggamengepel seluruh bagian masjid. Aktivitas ibadah akan menjadi semakin nyaman, demikian juga kegiatan bimbingan belajar yang diadakan oleh Mahasiswa KKN-T untuk mengisi waktu luang saat libur sekolah dimasjid.

          Alhamdulillah, sejauh ini kegiatan kerja bakti di Madjid Istikmal yang telah dihadiri oleh mahasiswa KKN Universitas Alma Ata baru berjalan 1 kali, bagi kami kegiatan ini sangat penting digalangkan untuk menjamin kesucian masjid dan meningkatkan kenyamanan beribadah. Harapannya, kegiatan kerja bakti rutin di Masjid istikmal dapat terus dilaksanakan oleh para Pemuda Pemudi dan masyarakat Kembang Putihan, agar tetap terjaganya kebersihan masjid.

B. Posyandu

Mahasiswa KKN-T kelompok 01 guwosari padukuhan kembang putihan membantu kegiatan posyandu yang rutin dilaksanakan di PadukuhanKembang Putihan. Mahasiswa KKN-T Kelompok 01 ikut serta dalam membantu kegiatan posyandu untuk memantau tumbuh kembang anak yang berada diwilayah Kembang Putihan. Kegiatan posyandu bertempat dirumah Ibu Dukuh Kembang Putihan,yang berada diwilayah RT 01, dalam pelaksanaan posyandu, masyarakat  dibagi menjadi 2 kelompok yakni ibu hamil dan balita.

Posyandu untuk balita dengan dimulai dari usia 0bulan hingga 5 tahun, pada kegiatan posyandu tersebut semua balita dilakukan pengukuran antropometri yang meliputi cek, tinggi badan, berat badan, lingkar lengan, lingkar kepala dan penghitungan Indeks Massa Tubuh (IMT).

Mahasiswa KKN-T melakukan kegiatan Sosialisasi Kesehatan dengan materi yang disampaikan antara lain Penyakit Menular dan Tidak Menular, Stunting dan DAGUSIBU (Dapatkan, Gunakan, Simpan, Buang) Obat dengan benar yang disampaikan oleh Mahasiswa Program Studi Keperawatan, Ilmu Gizi dan Farmasi. Ibu-ibu yang menghadiri sosialisasi dapat memberikan pertanyaan dan akan mendapatkan doorprize, sebagai rasa terima kasih dari mahasiswa KKN-T kepada ibu-ibu yang sudah meluangkan waktunya untuk mengikuti kegiatan sosialisasi kami memberikan souvenir.

Tumbuh kembang balita sangatlah penting, sehingga dilsebaga berbagai upaya untuk memantauperkembangan untuk mengetahui ada atau tidaknya gangguan pertumbuhan sejak dini, sehingga dapat teratasi dengan baik. Pemantauan   dilakukan diberbagai pelayanan kesehatan masyarakat, salah satunya adalah posyandu. Diadakannya kegiatan posyandu ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas kesehatan balita yang ada di Padukuhan KembangPutihan.