KKN-T UAA 05 Karangber : Senam Sehat Bersama Masyarakat Karangber

11 Maret 2024
Univ Alma Ata
Dibaca 36 Kali

Kegiatan KKNT (Kuliah Kerja Nyata Tematik) Universitas Alma Ata di dusun Karangber Guwosari telah menciptakan berbagai program kerja. Untuk meningkatkan kesehatan dan kebugaran masyarakat kami mengadakan salah satu program yaitu senam sehat bersama, yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya aktivitas fisik dalam menjaga kesehatan. Program senam sehat bersama dirancang dan dilaksanakan dengan penuh semangat. Mahasiswa dan warga desa bekerja sama untuk menciptakan sebuah program yang bermanfaat dan menyenangkan bagi mahasiswa dan masyarakat setempat. Berikut uraian program kerja senam sehat bersama. Program kerja senam diawali dengan rencana dan tujuan yang jelas, setelah dilakukan penilaian awal terhadap status kesehatan masyarakat desa, mahasiswa KKNT membuat program olahraga yang ringan dan mempertimbangkan berbagai kebutuhan dan kesukaan. Rencana ini mencakup jadwal harian, durasi, dan jenis latihan yang akan diajarkan.

Setelah perencanaan, dilanjutkan dengan komunikasi intensif dengan warga desa untuk meningkatkan kesadaran dan partisipasi. Informasi mengenai manfaat senam  dan jadwal dilaksanakan serta lokasi  kegiatan dikomunikasikan dengan jelas kepada masyarakat melalui pertemuan dan pengajian  masyarakat. Tujuan utamanya adalah untuk membangkitkan antusiasme dan melibatkan sebanyak mungkin orang untuk ikut serta.

Hari pelaksanaan pun tiba dan lapangan bola voli  desa menjadi arena kegiatan senam. Musik yang energetik  menggema di seluruh lapangan, dan instruktur senam memberikan instruksi tentang pentingnya latihan pemanasan sebelum memulai senam. Selama sesi senam  mahasiswa KKN berperan aktif dalam membimbing dan memotivasi peserta. KamI pun melaksanakan senam dengan gembira dan bersemangat. Dan setelah itu, sebagai penutup dari program kerja senam diakhiri dengan sesi peregangan dan pendinginan. Seluruh kegiatan berjalan dengan penuh antusiasme dan kegembiraan, menciptakan kenangan positif dan meninggalkan dampak yang berkelanjutan dalam upaya meningkatkan kesehatan masyarakat desa.