PERSIAPAN DAN PELAKSANAAN IDUL ADHA PADA DUSUN KENTOLAN KIDUL

10 Juli 2022
Dibaca 45 Kali
PERSIAPAN DAN PELAKSANAAN IDUL ADHA PADA DUSUN KENTOLAN KIDUL

Pelaksaan idul adha tahun ini dilaksanakan pada 10 juli 2022. Pada tanggal 9 juli 2022, sebelum melaksanakan penyembelihan hewan qurban masyarakan beserta kelompok KKN-T Universitas Alma Ata bergotong royong membersihkan lahan tempat penyembelihan hewan qurban. Penyembelihan dilaksanakan di lahan kosong milik warga sehingga perlu dilakukan pembersihan agar saat dilaksanakannya penyembelihan di hari esok terlihat bersih dan rapi.

Di tanggal 10 juli 2022, sebelum penyembelihan terlebih dahulu dilaksanakannya sholat ied adha yang bertepat di masjid Nurul Islam. Setelahnya baru pelaksanaan penyembelihan hewan qurban di lahan yang telah di bersihkan di hari sebelumnya.

Pada pukul 08.30 pelaksanaan penyembelihan dimulai, yang dibantu oleh bapak-bapak dan para pemuda dukuh kentolan kidul. Sedangkan sebagian ibu-ibu membantu memasak untuk makan siang setelah penyembelihan selesai. Selanjutnya pemotongan dan pembagian daging kurban dibantu oleh bapak-bapak, pemuda dan kelompok KKN-T Universitas Alma Ata sampai selesai dan dibagikan ke warga dukuh kentolan kidul.

(INTAN LESTARI -PRODI S1 FARMASI DAN DWI HERMAWATI-PRODI S1 MANAJEMEN)