PENYULUHAN MENGENALI PENYAKIT KANKER SERVIKS DAN KANKER PAYUDARA BERSAMA IBU-IBU PKK KENTOLAN KIDUL

17 Juli 2022
Dibaca 189 Kali
PENYULUHAN MENGENALI PENYAKIT KANKER SERVIKS DAN KANKER PAYUDARA BERSAMA IBU-IBU PKK KENTOLAN KIDUL

PENYULUHAN MENGENALI PENYAKIT KANKER SERVIKS DAN KANKER PAYUDARA  BERSAMA IBU-IBU PKK DI KENTOLAN KIDUL OLEH  MAHASISWA KKN UNIVERSITAS ALMA ATA

 

Dalam rangka pelaksanaan Kegiatan program kerja nyata yang dilakukan  oleh mahasiswa prodi keperawatan universitas alma ata  yang dilaksanakan pada tanggal 17 juli 2022 , telah  diadakan  penyuluhan kanker serviks dan kanker payudara. Pelaksanaan kegiatan ini dilaksanakan di rumah yang biasanya para  ibu-ibu PKK berkumpul melaksanakaan kegiatan arisan bersama. Penyulahan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada ibu-ibu PKK supaya lebih mengenali penyakit kanker serviks dan kanker payudara.

Kegiatan Penyuluhan kanker serviks dan kanker payudara merupakan sebuah kegiatan pemaparan materi terkait edukasi mengenai tanda dan gejala kanker , penyebab , cara mengatasi dan hal yang harus dihindahi agar jauh dari penyakit kanker . Dari kegiatan penyuluhan ini bisa  bermanfaat buat pengetahuan bagi ibu-ibu akan bahaya nya penyakit kanker serviks & kanker  payudara. Lemahnya pengetahuan akan dari penyakit kanker payudara dan kanker serviks dapat memicu meningkatnya angka kematian.

Pengetahuan terhadap kanker payudara dan serviks merupakan keahlian yang semestinya
dikuasai oleh setiap wanita untuk mendeteksi dini keberadaan penyakit ini . Pengetahuan tentang kanker payudara dan kanker serviks meliputi:  gejala kanker,  faktor risiko , umur, dan risiko kanker. Sejumlah kemampuan dasar yang wajib dikuasai dan dilakukan terkait deteksi dini kanker payudara meliputi: Pemeriksaan rutin melalui perabaan (palpasi) dapat dilakukan secara mandiri di rumah dengan berdiri dan meraba payudara di depan cermin, atau dilakukan oleh petugas medis, dan  screening rutin setiap 2 tahun sekali dengan metode mammogram dan USG payudara ). Sementara itu pemeriksaan pap smear dan tes DNA HPV merupakan metode untuk mendeteksi gejala awal kanker serviks pada wanita.

 

Kelompok ibu-ibu PKK dikentolan kidul adalah salah satu kelompok yang kurang memahami faktor risiko penyakit kanker payudara dan kanker serviks. Kelompok ibu-ibu PKK di kentolan kidul  terdiri dari kurang lebih 30 orang  ibu-ibu dan pada umumnya memiliki pemahaman yang rendah akan faktor risiko penyakit kanker payudara dan kanker serviks. Deteksi dini kanker payudara dan kanker serviks sebelum kanker menyebar dapat membantu dalam meningkatkan keberhasilan pengobatan. Oleh karena itu, kesadaran dan pengetahuan masyarakat dalam mendeteksi sendiri gejala-gejala kanker payudara dan kanker serviks sedini mungkin sangat diperlukan untuk dapat mengurangi morbiditas dan mortalitas yang disebabkan oleh kedua penyakit ini.

Kegiatan penyuluhan mengenai  kanker payudara dan serviks pada kelompok ibu PKK
di kentolan kidul ,  dilakukan melalui metode sebagai berikut:
1. Pelatihan mengenali gejala dan tanda-tanda penyakit kanker payudara dan kanker serviks, serta
pelatihan melakukan pemeriksaan SADARI yang diberikan oleh mahasiswa kkn  Fakultas Keperawatan Universitas alma ata.
2. Pelatihan teknik pemberian informasi mengenai deteksi dini kanker payudara dan kanker serviks
3. Pembagian leatflet untuk penyebaran informasi mengenai deteksi dini kanker payudara dan
kanker serviks.

Semoga dengan terlaksana nya kegiatan penyuluhan kanker serviks dan kanker payudara ini dapat memberikan pengetahuan dan pengalaman bagi ibu-ibu PKK dalam mengenali penyakit kanker serviks dan kanker payudara dan bisa mensharering ilmu kepada orang yang ada di lingkungan sekitar.

 

(Bertha kurnia cahya ningrum - S1 Keperawatan)