Melalui Semangat Pawai Takbir Keliling Kita Tingkatkan Ketaqwaan Kepada Allah SWT

09 Juli 2022
Dibaca 154 Kali
Melalui Semangat Pawai Takbir Keliling Kita Tingkatkan Ketaqwaan Kepada Allah SWT

Bungsing-Guwosari (09/07) Sabtu, 09 Juli 2022 merupakan malam hari besarnya umat Islam yakni Hari Raya Idul Adha 1443 H. Semua umat Islam di Dunia merayakannya dengan berbagai kegiatan positif yang bermacam-macam berdasarkan kebiasaan dan kultur yang ada di masing-masing wilayah. Seperti halnya umat Islam diberbagai belahan dunia, mahasiswa Alma Ata Yogyakarta bersama warga Bungsing guwosari Pajangan Bantul juga merayakan dengan berbagai kegiatan positif bersama semua element masyarakat dari orang tua, pemuda-pemudi dan anak-anak kecil. Malam minggu (ahad) ini semua berkumpul mengumandangkan takbir, tahmid dan tasbih dengan semangatnya disertai pawai obor, lampion dan suara bedug.

Pawai obor dan takbir keliling kampung ini di motori oleh remaja kampung yang tergabung dalam Karang Taruna dan dibantu oleh teman-teman mahasiswa KKNT UAA Yogyakarta bertempat kumpul dan finis di Masjid al Mukhlisin. Dimulai dari jam 20.00 sampai dengan tengah malam yang di akhiri dengan pembagian door price oleh Karang Taruna dan penyerahan al Quran dari mahasiswa KKN kepada santri-santri masjid al Mukhlisin.

Dalam perayaan ini ada hal yang membuat kami kagum adalah atraksi memutar bambu yang di ujungnya menyala api. Atraksi ini sudah dipersiapkan dan melalui latihan yang lama oleh beberapa perwakilan dari pemuda kampung. Dan tentunya tidak diperbolehkan jika dilakukan oleh orang yang belum berpengalaman karena sangat berbahaya bermain dengan api seperti ini jika tidak memiliki kemampuan khusus.

Puncak perayaan selanjutnya adalah sholat Ied adha bersama semua ummat Islam di Masjid pagi harinya disertai pemotongan hewan qurban berupa sapi dan kambing yang nantinya dibagikan kepada seluruh warga dusun Bungsing Guwosari Pajangan Bantul.

Khanifudin_(Humas KKN-T 13)