Bamuskal Guwosari bersama Pemerintah Kalurahan Ikuti Malam Tirakatan Peringatan Hari Jadi DIY ke-269

12 Maret 2024
BAMUSKAL GUwosari
Dibaca 27 Kali
Bamuskal Guwosari bersama Pemerintah Kalurahan Ikuti Malam Tirakatan Peringatan Hari Jadi DIY ke-269

Bamuskal bersama dengan Pemerintah Kalurahan Guwosari telah mengikuti malah tirakatan peringatan hari jadi Daerah Istimewa Yogyakarta yang ke-269. Malam tirakatan diselenggarakan di Ruang Aula Kalurahan Guwosari, dimulai pukul 20.00 sampai selesai. Dalam kegiatan ini Bamuskal dan Pemerintah Kalurahan Guwosari ikut serta dalam acara virtual di Bangsal Kepatihan Yogyakarta dengan tema "Maju Sejahtera Berkelanjutan Dijiwai Kebudayaan dan Keistimewaan". Kegiatan ini dihadiri oleh Bapak Masduki Rahmad, SIP selaku Lurah bersama jajaran Pamong desa & staf, Bamuskal, Ketua TP-PKK, Ketua Desa Budaya, Ketua LPMK, Ketua Karang Trauna dan Ketua Paguyuban RT pada Selasa, 12 Maret 2024 malam dengan menggunakan pakaian adat Gagrak Ngayogyakarta.

Kegiatan diawali dengan registrasi peserta dan dilanjutkan penyampaian geguritan jawa oleh Ketua Desa Budaya Bapak H. Muhammad Juremi S.Sos. Setelah itu dilakukan pembukaan, menyanyikan lagu Indonesia Raya oleh seluruh peserta, serta pembacaan doa sebagai ungkapan rasa syukur dan permohonan keselamatan bagi Daerah Istimewa Yogyakarta. 

Bapak Baha'Uddin S.S., M.Hum selaku Sekda DIY memberikan sambutan terkait laporan kegiatan yang berupa sejarah Daerah Istimewa Yogyakarta. Selain itu disampaikan juga ucapan dan harapan untuk peringatan hari jadi DIY tahun ini dari beberapa perwakilan kalurahan di Daerah Istimewa Yogyakarta. Kegiatan dilanjutkan dengan pembacaan sambutan Gubernur DIY, disampaikan bahwa rangkaian tema hari jadi DIY tahun ini dapat dimaknai sebagai mencapai kemajuan yang diderivasi melalui inovasi dan keadilan sebagai inti dari transformasi masyarakat. 

Puncak inti dari acara malam tirakatan adalah pemotongan tumpeng di Bangsal kepatihan dan diikuti oleh seluruh kalurahan. Setelahnya dilanjutkan acara ramah tamah dan atraksi seni yang berupa tarian dan lain-lain.(Venni)