KKN-T Pringgading : Kegiatan penyuluhan Pemasaran Digital guna mengedukasi pelaku UMKM

17 Maret 2024
Univ Alma Ata
Dibaca 48 Kali

kknt pringgading umkm Bantul, Yogyakarta – Di Era Digital yang terus berkembang, pemasaran digital telah menjadi kunci penting dalam memajukan usaha dan bisnis lokal terutama bagi pelaku UMKM. UMKM memegang peranan penting dalam sektor perekonomian. selain berkontribusi dalam pendapatan negara, UMKM juga sebagai solusi bagi kemiskinan dan pengangguran lantaran sanggup membuka lapangan kerja baru. Dilansir dari laman store.sirlo.com UMKM merupakan pilar dalam perekonomian Indonesia. Sekitar 99,9% usaha di Indonesia merupakan UMKM. Menyadari hal ini Mahasiswa KKN-T Universitas Alma Ata mengambil inisiatif untuk memberdayakan Padukuhan Pringgading melalui program penyuluhan bertemakan “Pemasaran Digital”.

Kegiatan ini merupakan serangkaian sosialisai yang bertujuan untuk mengedukasi warga tentang pentingnya pemasaran digital dalam meningkatkan penjualan dan memperluas pasar ditengah ketatnya persaingan para pelaku UMKM terutama di Padukuhan Pringgading. Dengan dukungan salah satu narasumber yang memiliki pengalaman di dunia bisnis yaitu Dita Danianti, M.Kom yang sekaligus merupakan salah satu dosen prodi Sistem Informasi di Universitas Alma Ata  dan beberapa Universitas di Yogyakarta. Kegiatan ini juga di moderatori oleh Mahasiswa KKN-T yaitu Robiatul Adawiyah dan dibawakan oleh MC Maulana Pramugo Mukti. Narasumber membagikan ilmunya mengenai strategi pemasaran digital yang efektif, mulai dari penggunaan media sosial, optimasi mesin pencari, iklan digital, hingga pemanfaatan platform E-commerce. Kegiatan ini mampu membuka wawasan serta meningkatkan kemampuan warga dalam memasarkan produk mereka secara digital.

Acara ini diadakan pada hari Jum’at (8/3/2024), sebagai bagian dari program kerja dan berdasarkan tema dari KKN-T saat ini yaitu “Peningkatan Kesehatan dan Optimalisasi Potensi Daerah Melalui Literasi Digital”. Sesuai dengan tema tersebut maka program sosialisasi yang berjudul “Pemasaran Digital” ingin mengoptimalkan dan mengembangkan potensi masyarakat melalui digitalisasi UMKM. Acara penyuluhan ini diadakan di RT 03 Padukuhan Pringgading, Kalurahan Guwosari, Kapanewon Pajangan, Kabupaten Bantul dengan harapan dapat langsung berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat setempat. Program ini dilakukan dibawah bimbingan ibu Dhina Puspasari Wijaya, S.Kom, M.Kom selaku dosen pembimbing lapangan.

Pemasaran Digital dipilih sebagai tema penyuluhan karena potensinya yang besar dalam era globalisasi saat ini, dimana keberadaan internet menjadi kunci sukses dalam perdagangan. Didalam acara sosialisasi ini Dita danianti, M.Kom selaku narasumber menjalaskan data populasi penduduk di indonesia sebanyak 276.4 juta dengan presentase sebesar 58.2%, sedangkan untuk penduduk yang menggunakan handphone sebanyak 353.8 juta dengan presentase 128.0%, dan untuk pengguna internet sebanyak 212,9 juta penduduk dengan presentase 77.0%, serta 167 juta penduduk yang aktif di media sosial dengan presentase 60.4�rdasarkan data dari Meltwater.com (01/2023). Dari data jumlah penduduk di Indonesia rata-rata mereka menghabiskan waktu sekitar 7 jam 42 menit untuk menggunakan internet. Sedangkan untuk penggunaan media sosial mereka menghabiskan waktu sebanyak 3 jam 18 menit lamanya. Ini artinya, masyarakat di Indonesia memiliki peluang untuk memanfaatkan internet secara maksimal sebagai media untuk memasarkan produk mereka terkhusus di padukuhan pringgading.

Dita Danianti, M.Kom juga menyampaikan beberapa materi tentang keunggulan menggunakan promosi secara digital, jenis kanal digital yang bisa dipilih untuk media promosi, dan keunggulan dari beberapa jenis media sosial. Saat sesi diskusi berlangsung narasumber juga menunjukkan video iklan yang menarik untuk promosi agar audiens tidak hanya disuguhi materi secara teks namun juga secara visual. Melalui presentasi interaktif, diskusi dan tanya jawab, Warga padukuhan Pringgading diajarkan cara-cara efektif untuk memasarkan produk mereka secara online. Selain itu, narasumber juga menyampaikan pentingnya riset pasar dan memahami perilaku konsumen.

Sebagai hasil dari acara penyuluhan ini, salah satu warga memberikan pertanyaan mengenai promosi di kanal media sosial whatsapp. Lantaran terbatasnya waktu, hanya satu pertanyaan saja yang diberikan. Diharapkan nantinya pelaku UMKM yang ada di padukuhan pinggading merasa lebih percaya diri dalam bersaing di pasar digital dan memiliki rencana jangka Panjang untuk pengembangan usaha mereka. Penyuluhan “pemasaran digital” ini merupakan salah satu contoh nyata kontribusi kelompok 6 KKN-Tematik Universitas Alma Ata dalam mengembangkan potensi masyarakat. Melalui program KKN-T ini, diharapkan dapat terus mendorong dan mendukung pertumbuhan ekonomi lokal yang berkelanjutan.