Muskal Guwosari: Laporan Pertanggungjawaban Realisasi APBKAL 2023 dan Raperkal Pungutan Kalurahan

08 Maret 2024
BAMUSKAL GUwosari
Dibaca 41 Kali
Muskal Guwosari: Laporan Pertanggungjawaban Realisasi APBKAL 2023 dan Raperkal Pungutan Kalurahan

Telah diselenggarakan Musyawarah Kalurahan Guwosari pada hari Jumát, 08 Maret 2024 pukul 12.30 – selesai di Ruang Aula Kalurahan Guwosari. Musyawarah Kalurahan yang dilaksanakan berkaitan dengan Laporan Pertanggungjawaban Realisasi APBKAL Tahun Anggaran 2023 dan Raperkal Pungutan Kalurahan Guwosari, Kapanewon Pajangan, Kabupaten Bantul. Musyawarah dihadiri oleh Ibu Arie Mujahadah, SIP selaku Ketua Jawatan Praja Kapanewon Pajangan, Bapak Masduki Rahmat, SIP selaku Lurah Guwosari beserta unsur Pamong Kalurahan, Bapak H. Muhaimin, S.Th.I., M.H selaku ketua Bamuskal Guwosari bersama anggotanya, wakil-wakil kelembagaan kalurahan, beserta wakil kelompok masyarakat Guwosari.

Pelaksanaan dibuka oleh Bapak Nur Kholis, S.Sos.I selaku Ketua Musyawarah Kalurahan dengan sambutan dan pembacaan tata tertib Musyawarah Kalurahan. Selanjutnya musyawarah kalurahan dipimpin oleh Bapak H. Muhaimin, S.Th.I, M.H selaku ketua Bamuskal Guwosari. Dalam musyawarah tersebut beliau menyampaikan sambutan, pemaparan tugas Pemerintah Kalurahan/Bamuskal/Masyarakat dalam kaitannya dengan Musyawarah yang akan menjadi hasil penetapan Peraturan Kalurahan.

Selanjutnya, penyampaian materi oleh Bapak Masduki Rahmat, SIP terkait dengan siklus Pertanggungjawaban Realisasi APBKAL Pemerintahan Kalurahan Guwosari Tahun Anggaran 2023 dan laporan Raperkal Guwosari. Disampaikan bahwa pendapatan tahun 2023 mengalami peningkatan 49,98Úri tahun sebelumnya. Disisi lainnya, belanja kalurahan mengalami kenaikan 58,74Úri tahun sebelumnya dan untuk Silpa Kalurahan Guwosari mengalami penurunan sebesar 18,36%.

Materi lanjutan disampaikan oleh Ibu Arie Mujahadah, SIP bahwasanya Laporan Pertanggungjawaban Realisasi APBKAL merupakan bentuk transparansi Pemerintah Kalurahan atas laporan dan realisasi Pelaksanaaan Kegiatan Pemerintah Kalurahan serta evaluasi ke depan supaya mampu lebih baik lagi. Bapak H. Arwan , AMd. Selaku wakil ketua Bamuskal menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Kalurahan yang telah menyelesaikan Laporan Pertanggungjawaban Realisasi APBKAL tahun anggaran 2023.  Beliau menambahkan, Bamuskal sebagai mitra kerja Pemerintah Kalurahan Guwosari seiring sejalan dengan Pemerintah Kalurahan, akan mengatur/mengingatkan kepada Pemrintah Kalurahan apabila ada yang perlu dikoreksi. Hal tersebut bertujuan supaya kegiatan realisasi bisa berjalan sesuai dengan harapan.

Setelah itu dilanjutkan sesi tanya jawab apabila ada hal yang dirasa kurang jelas, atau peserta akan memberikan masukan kepada Kalurahan Guwosari. Harapannya semoga kegiatan yang belum terealisasi di tahun 2023, bisa terlaksana  dengan maksimal di tahun 2024. Semoga kalurahan mampu membawa kemajuan untuk masyarakat Guwosari dan dengan adanya peraturan kalurahan ini dapat bermanfaat untuk seluruh masyarakat. (Venni)