KEGIATAN PERAYAAN HARI RAYA IDUL ADHA DAN PEMOTONGAN HEWAN QURBAN DI DUSUN KADISONO

19 Juli 2022
Dibaca 59 Kali

Kadisono 10 Juli 2022, Hari Raya Idul Adha pada Tahun ini jatuh pada hari Minggu yang mana seluruh umat islam melaksanakan sholat Idul Adha. Sholat ini bertepatan dengan ibadah Haji di Mekkah, karena Hari Raya Idul Adha disebut juga dengan Hari Raya Haji atau Hari Raya Qurban, karena disunahkan berkurban bagi yang mampu.

Warga masyarakat Kadisono juga melaksanakan sholat idul adha di masjid Ridho Illah Kadisono dan dilanjutkan dengan pemotongan hewan Qurban. Pemotongan hewan Qurban dibagi menjadi dua tempat yaitu di masjid Ridho Illah dan di mushola Al Istiqomah. Jumlah hewan Qurban yaitu sebanyak 14 ekor kambing dan 5 ekor sapi.

Proses penyembelihan hewan Qurban melibatkan warga msyarakat yang dikoordinir oleh panitia pemotongan hewan Qurban di Kadisono. Hewan Qurban tersebut nantinya akan dibagikan secara merata kepada seluruh warga masyarakat yang ber penduduk tetap maupun yang berpenduduk sementara di Kadisono.

“ Biasanya kalau di Kadisono penyembelihan hewan Qurban Bapak-Bapak dan Ibu-Ibu nya juga terlibat, ibu-ibunya yang masak untuk menyiapkan makan siang yang memotong hewan dan bapak-bapaknya yang menyembelih serta membagi hewan Qurbannya” ujar salah seorang warga.

Pemotongan hewan Qurban di Kadisono semoga bisa terlaksanakan kembali di tahun-tahun berikutnya dengan lebih banyak hewan Qurban dan warga masyarakat yang tetap rukun dan kompak.