Mahasiswa KKN-T Universitas Alma Ata Membagikan PMT di Dusun Karangber

21 Juli 2022
Dibaca 91 Kali

(15/07/2022) Hari Jumat, Mahasiswa KKN-T Universitas Alma Ata membuat PMT (Pemberian Makanan Tambahan) berupa nugget tempe. Alasan pemilihan menu nugget tempe yaitu karena tempe mudah ditemukan dan tempe mengandung protein yang tinggi untuk pencegahan stunting pada balita.

Proses pembuatan nugget tempe terbilang cukup mudah yaitu dengan menghaluskan tempe menggunakan blender maupun cobek, bila sudah di bumbui kemudian dikukus dan dibentuk lalu digoreng. 

PMT (Pemberian Makanan Tambahan) merupakan program intervensi terhadap balita yang memiliki status gizi kurang yang bertujuan untuk meningkatkan status gizi anak dan untuk mencukupi zat gizi anak sehingga tercapainya status gizi yang baik sesuai dengan umurnya.

Tidak hanya nugget tempe yang dibagikan melainkan juga terdapat agar-agar, susu kedelai, dan pisang mas. Kemudian terdapat leaflet berupa resep pembuatan nugget tempe yang diharapkan ibu-ibu dapat membuat secara mandiri dirumah supaya menu tempe yang dibuat dapat bervariasi. Kegiatan PMT di Posyandu Matahari Dusun Karangber berlangsung dengan lancar dan Mahasiswa Universitas Alma Ata mendapatkan pengalaman yang baru dari kegiatan tersebut.

 

 

PDD_Julfa Winda R & Yunti Aminatuz Z.