KKN-T PRINGGADING : DIGITALISI PEMETAAN WILAYAH PRINGGADING

26 Maret 2024
Univ Alma Ata
Dibaca 57 Kali

FOTO_KKN

Universitas Alma Ata Yogyakarta melalui Mahasiswa program KKN=T 2024 membuat pemetaan wilayah padukuhan pringgading guna membantu masyarakat maupun para pelancong untuk mengetahui informasi tentang dukuh pringgading khususnya mengenai letak geografi maupun demografi penduduk. Dilansir dari laman resmi kalurahan Guwosari, https://sid.guwosari.desa.id/ Padukuhan ini memiliki luas wilayah sekitar 1,5 KM dengan jumlah penduduk kurang lebih sekitar 1.500 jiwa. Mahasiswa KKN-T 2024 mampu membuat desain peta wilayah padukuhan pringgading yang lebih update seperti titik lokasi umum dan batas wilayah setiap RT. Projek ini berjalan dari mulai bulan februari sampai maret 2024.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program kerja KKN-T Alma Ata Yogyakarta. Selain untuk pemenuhan tugas, pengerjaan projek ini juga sebagai bentuk kontribusi dalam upaya menjaga informasi mengenai wilayah pringgading. Adapun titik lokasi penting seperti lokasi setiap RT, tempat beribadah, makam, dan sarana belajar bagi anak-anak yaitu PAUD dan TK telah kami buat via google maps agar mampu menampilkan informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat maupun para pelancong yang sedang singgah di padukuhan pringgading.

Pengerjaan projek pemetaan wilayah padukahan ini dimulai dari bulan ferbruari sampai dengan bulan maret 2024. Dimulai dari survei lokasi ke setiap RT  dan juga membuat desain terkait luas hingga batas dari seluruh wilayah pringgading. Kami menggunakan aplikasi figma dalam merancang tampilan desain peta pringgading yang nantinya akan kami cetak menjadi banner. Dalam perancangan peta ini, terdapat 10 RT yang memiliki batas-batas wilayah yang berbeda-beda sehingga perlu dibutuhkan informasi batas yang telah ditetapkan oleh  kelurahan GOWASARI untuk di rancang dalam desain peta kami. Projek ini dikerjakan secara team dengan jobdesk masing-masing selaku bagian dari anggota KKN-T UAA 2024.

Program kerja menjadi salah satu kebutuhan yang di perlukan oleh masyrakat mengingat belum adanya peta yang lebih update dan terbaru mengenai titik lokasi maupun batas-batas wilayah padukuhan pringgading. Hal ini menjadi tujuan bagi kami sebagai Mahasiswa KKN-T UAA 2024, khususnya Mahasiswa dari prodi Sistem Informasi, untuk ikut serta dan berkontribusi dalam kegiatan masyarakat terutama dipadukuhan pringgading.

Project ini dikerjakan secara berkelompok yang telah bagi sesuai dengan jobdesk  yang disepakati seperti survei lokasi guna untuk menentukan titik-titik penting seperti RT, sarana pendidikan dan beribadah, adapun juga pengerjaan desain menentukan dari hasil data informasi mengenai batas wilayah padukuhan pringgading yang telah ditetapkan oleh pihak kelurahan GOWASARI. Terdapat 10 titik lokasi setiap RT yang telah kami input via google maps supaya mudah diakses oleh masyarakat sekitar maupun pelancong yang sedang singgah, kemudian menentukan luas wilayah pringgading secara keseluruhan yang nantinya akan kami desain menjadi peta yang dilengkapi dengan titik-titik penting serta batas dari setiap RT. Selain memberikan informasi yang update dan terbaru, para masyarakat dapat mengakses peta wilayah pringgading  melalui scan barcode supaya dapat diakses kapanpun dan manapun.

Sesuai dengan hasil yang telah dirancang , diharapkan dari hasil program kerja ini mampu memenuhi kebutuhan masyarakat terkait informasi terutama tentang wilayah,batas serta titik-titik lokasi penting mengenai padukuhan pringgading