SOSIALISASI PEMILAHAN SAMPAH BERSAMA BUMKAL GO-SARI KELOMPOK 4 UAA

22 Juli 2022
Dibaca 130 Kali
SOSIALISASI PEMILAHAN SAMPAH BERSAMA BUMKAL GO-SARI KELOMPOK 4 UAA

Sampah merupakan sisa dari suatu produk atau barang yang sudah tidak dapat digunakan kembali dan yang tidak terpakai lagi, namun masih bisa di daur ulang kembali menjadi barang yang bernilai. Sampah masih merupakan salah satu permasalahan yang paling banyak di lingkungan masyarakat baik sampah organik maupun sampah anorganik. Pada tanggal 28 Juni 2022  kelompok 04 KKN-T periode 3 Universitas Alma Ata Yogyakarta, Dusun Gandekan melakukan kegiatan yaitu  sosialisasi pemilahan sampah bersama dengan GO-SARI yang sasaran utamanya adalah ibu-ibu rumah tangga. Dimana Dusun Gandekan merupakan salah satu pedukuhan yang ada di Kelurahan Guwosari, Kec. Pajangan, Kab. Bantul. Data yang di peroleh bahwa  masyarakat Gandekan masih minim tentang pemilahan sampah baik sampah organik maupun anorganik, yang dimana masyarakat sekitar masih membakar sampah dan membuang sampah dikali.

Mahasiswa KKN-T menyelenggarakan kegiatan sosialisasi pemilahan sampah di Dusun Gandekan dengan mengundang pemateri yakni Bapak Muhammad Iqbal selaku direktur BUMKAL GO-SARI sebagai pematerinya. Di Guwosari terdapat tempat pengelolaan sampah yang bernama GO-SARI. GO-SARI merupakan tempat pengelolaan sampah yang dikelola  secara mandiri oleh BUMKAL dan masyarakat setempat yang ada di Guwosari. Diperkirakan  ada sekitar 1 ton sampah setiap harinya yang dihasilkan oleh masyarakat Guwosari.  Sampah yang paling banyak dihasilkan adalah sampah rumah tangga. Sampah rumah tangga sebagian besar merupakan bahan organik, misalnya sampah dari dapur, sisa-sisa makanan, tepung, sayuran, kulit buah dan lain-lain. Sedangkan sampah anorganik terdiri dari sampah plastik, botol/kaleng minuman, kaca, besi dan lainnya.

Dari kegiatan sosialisasi pemilahan sampah, mahasiswa KKN-T mengharapkan masyarakat Dusun Gandekan sadar akan pentingnya kesehatan lingkungan agar terciptanya lingkungan yang sehat dan bersih. Mahasiwa KKN-T juga mengharapkan masyarakat dapat berlangganan sampah dengan BUMKAL GO-SARI khususnya masyarakat Dusun Gandekan.

 

( Nuni Dadiningsih-Humas dan Eka Nur Rahma Paradenti-Wakil Ketua)